Advertisements

You are here: Home > Perspektif > Adakah Kata Terlambat Untuk Minta Maaf?

Adakah Kata Terlambat Untuk Minta Maaf?

Song written by Ryan Tedder (OneRepublic)

 

jabat tangan

jabat tangan / blogspot.com

maaf, sebuah kata yang sebenarnya sangat gampang untuk kita ucapakan, kita akan mengucapakan ini jika kita berbuat salah pada seseorang. dengan maaf kita seperti menghapus kesalahan yang pernah kita lakukan, simpel kan?! namun kesimpelan itu tidak membuat seseorang dengan entengnya untuk meminta maaf jika telah berbuat salah, banyak banget alasan untuk tidak minta maaf, sering dengar yang kaya gini kan “saya minta maaf? gengsi lah“, atau “dia juga punya salah ma saya, klo dia minta maaf duluan baru saya minta maaf juga“, ya itulah penyakitnya, masih mengagung2kan kegengsianya atau nunggu diminta maafin duluan, ujung2nya apa? ngga bakal terjadi deh permintaan maaf itu. kalau ada yang  tanya, Adakah kata terlambat untuk minta maaf? saya dengan yakin akan jawab, ada..!

kembali ke judul, adakah kata terlambat untuk minta maaf? kalau pendapat saya sih ada, alasanya? banyak hal yang akan membuat kita terlambat untuk minta maaf. pernahkah berfikir kita tidak akan selamanya bisa ketemu dengan orang yang akan kita temui untuk mita maaf itu *ngerti maksud kalimat ini, saya kasih  goban, hehe*, misalkan jika kita dengan orang yang akan kita mintain maaf  adalah satu sekolah/kampus, apakah setelah lulus kita bisa pastikan bahwa kita akan dengan mudahnya untuk menemuinya seperti ketika masih satu sekolah/kampus dulu? ngga kan? okay.. kita lanjut untuk alasan kedua, apakah kita tahu umur kita sampai kapan? atau umur seseorang/orang lain itu sampai kapan? ngga perlu saya jelasin lagi udah pada ngerti kan maksud alasan kedua ini *bilang aja malas ngetik, hehe*

yang dapat saya simpulin disini adalah minta maaf itu ada batas waktunya, yang membedakan adalah lama batas waktunya, ada yang dikasih kesempatan untuk minta maaf dengan jangka waktu yang sangat panjang, ada juga yang sebaliknya, yaitu cuma dikasih waktu yang sangat singkat untuk minta maaf. dan poin paling penting disini bahwa kita tidak akan pernah tahu sampai kapan kita dikasih waktu dan kesempatan untuk minta maaf. jadi selagi masih ada waktu dan kesempatan, buruan gih, kita minta maaf jika kita berbuat salah.

Related Items

Advertisements

94 Comments

  1. Triunt
    Dec 10, 2009 @ 20:42:43

    Hadoh, video cover lagi Yos.
    wah salahku banyak to, wis dimaafin yo.
    Met Lebaran dan Tahun Baru :lol:

    yos:
    doh lebaran op to nda….
    lebaran kebo yo..
    hahahaah

    Reply

  2. yayat38
    Dec 10, 2009 @ 21:26:27

    memang kondisional sekali dalam hal minta maaf ini. Saya setuju dengan Mas Yos :)
    yos:
    nah tuh kata2 pas bgt…
    “KONDISIONAL”
    td pas buat postingan ngga kepikiran pake kata itu, heheheeh…

    Reply

  3. embun777
    Dec 10, 2009 @ 21:53:05

    Siiiiiiiiip..! plok..!!!17x
    saya puter 2x saya simak sambil minum air jeruk hangat sampai tetes terakhir.. , hikss..

    Vocal km sebenernya sdh punya karakter.. bagus, tapi saya lbh suka km nyanyikan lagu d’masiv kemarin ! penghayatan lagunya OK.. dan harmonisasi dg gitar spt punya getaran… kek nya lbh passssss..

    gitu looh…. :lol:

    yos:
    mungkin gara2 lagunya lagu bule mas…
    jadi ditelinga terdengar asing *ngeles* hehehe…

    Reply

  4. embun777
    Dec 10, 2009 @ 22:03:55

    atao krn ini lagu baraduss.. jd aku kurang bisa mencerna pd perpaduan harmonisasi Vocal, penghayatan dan musik pengiring.. karena ini semua murni tanpa bantuan berbagai macam Efect suara yg canggih spt layaknya Studio … tp sdh Mantabs.. tinggal rajin berlatih ajah koq…

    Semangat terus.
    Salam dan Sukses buat kamu.

    yos:
    hehehe…
    iya mas minimalis…
    webcam 65 ribu, mic 32 ribu,
    software videonya sony vegas 9 (tetep aja videonya jelek, webcampnya aj kualitas jaman belanda, hehehe)
    software audionya adobe audition 1.5 (buat noise reduction)
    kapan2 klo ada rejeki mau beli webcam yang agak bening dikit,,,
    moga aja secepatnya, amin…

    Reply

  5. embun777
    Dec 10, 2009 @ 22:08:48

    Biar gak terlambat saya minta Maaf aaah…
    karena saya td lebih tertarik komeng pd lagu drpd topik utama postingan.. hee..heee…

    tapi menurut saya lbh baik terlambat drpd ogah minta ma’af…

    jreng..jreng… !!
    kabooorrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr……… :lol:

    yos:
    jujur artikel di postingan ini cuma pelengkap aj..
    intinya videonya ituh, td ingin postingan video saja,
    tp takut dibilang narsis, hehehe
    akhirnya bikin artikel dadakan deh
    ngebut nulis 15 menit, hehehehehe..

    Reply

  6. casrudi
    Dec 10, 2009 @ 22:20:58

    Hohoho…. Ada sahabat2 yang mojok disini…. :)

    Sewaktu dulu masih SMA atau SMP masih ada perasaan gengsi untuk meminta maap, apalagi sama cewek yang jelas2 pernah disakiti… Ada yang sampai sekarang belum maap2an, jika ingat itu timbul perasaan bersalah dan berdoasa…. yang masih ada kesempatan meminta maap sebaiknya meminta maap sekarang, betul kata Yos belum tentu kita akan bertemu lagi dengan orang yg bersangkutan….

    Hajar Bleh… :)

    yos:
    suka nyakitin cewek juga ya mas…
    satu kata aja deh…
    sama,, hehehehe…

    Reply

  7. Pembuat Theme WordPress
    Dec 10, 2009 @ 22:25:35

    Menurut aku seh gada kata terlambat untuk minta maaf. Selama masih bernafas kita bisa meminta maaf, walaupun masih belum tentu di maafkan.

    TAK PERNAH ADA KATA TERLAMBAT UNTUK MINTA MAAF.

    Maafkan aku ibu,….anakmu.

    yos:
    klo untuk maaf yang kaya gtu mah ngga ada batas waktunya…
    tapi klo untuk yang pingin tahu jawabnya langsung(dimaafkan atau tidak)
    menurut yos ada batas waktunya, :-D

    Maafkan aku…Theme WordPress Pilihan Tipe Magazine

    Reply

  8. casrudi
    Dec 10, 2009 @ 22:26:59

    Oia Mas, mau ngasih tahu dua hal :
    1. Kalau berkenan bertukar link, link blog ini sudah masuk ke dapur blog roll saya…

    2. Saya ada kirim email buat Yos ttg kode html itu, sementara saya belum tahu cara nampilin kode html dipostingan, jadi kirim via email… mohon di cek kalau tidak masuk artinya masuk kotak spam… kalau belum juga masuk bisa menghubungi email saya… mudah2an kita bisa belajar kode bersama… :)

    Hajar Bleh… :)

    yos:
    siap pak!!!
    suatu kehormatan ada yang minta tukeran link…
    dari blog dot com lagi (jujur seneng bgt yos klo ada yang minta tukeran link dari blog dot com)
    udah dipasang pak, tak kasih nama casrudi
    terimakasih…sama-sama.. hehehe

    Reply

  9. Deka
    Dec 10, 2009 @ 23:12:42

    Saya sepakat Om, Ada kata terlambat dalam soal maaf-dimaaf-termaaf-maafan-memaafkan. Alasannya yang jelas tidak ada yang menjamin hidup ini sampai kapan dan tidak ada yang menjamin kita bisa ketemu lagi dengan orang yang kita ingin meminta maaf darinya. So dengan ini saya minta maaf om ya kalo ada yang salah dengan saya selama ini.

    yos:
    oke deh…
    ada yang mendukung pendapat gue…
    sebagai blznya permintaan maaf anda diterima *emang gue siape, hehehehe*

    Reply

  10. casrudi
    Dec 10, 2009 @ 23:28:05

    Hehehehe… dipanggil Pak serasa lagi di kantor, mas atau akang rasanya lebih afdol… :) tapi terserah sih… :)

    Masalah yg nyakitin cewek, itu masa lampau Yos, hehehe… dan ada beberapa cewek yang belum maap-maapan, terlepas dia yang salah atau saya yg salah, yg jelas kata putus sudah menyakitkan kedua belah pihak, ada juga sih yang hanya salah satu pihak yg merasa sakit… Jadi pengen minta maap, mungkin kalau dihubungin sekarang takut ganggu sedang tidur dgn suaminya… :D

    Yos, trims link nya yah, kode html dikirim ke email yg gmail, bisa dibuka kan?…. selamat mengotak-atik, seru juga ternyata ngulik html, sama asiknya dgn ngulik konci gitar… :D

    yos:
    wah makasih bgt lho mas dah dikirm kode htmlnya,,

    Reply

  11. heru
    Dec 11, 2009 @ 00:42:37

    uhuy ada video baru :D simak dengan seksama dulu :D

    yos:
    siapakan obat mual2 ya…
    suara yos bisa bikin mual loh, hehehe

    Reply

  12. deniya tarot
    Dec 11, 2009 @ 05:08:34

    makasih udh berkunjung ke cewetangguh.com ;p
    ntar dateng2 lg yah,
    lg banyak crita tentang dunia musik,hehe…ya gw bkn org yg bs maen musik,cm bs jd tim hore2 aj ;p

    yos:
    pasti neng…
    yos pasti datang lg lah…

    Reply

  13. elia|bintang
    Dec 11, 2009 @ 05:15:35

    wuih lagu ini.. gue jg suka lagu itu bos! main gitarnya mantep juga bos.. rapi! tapi kenapa tampangnya di video serius amat.. hahaha :lol:

    sukses!

    yos:
    heheheheh..
    tamapngnya tegang ya…
    itu mlototin contekan lyricnya
    ngga apal sih…

    Reply

  14. DV
    Dec 11, 2009 @ 05:31:30

    Wah, seniman! ;)

    yos:
    iya mas seniman amatiran
    boleh juga disebut seniman abal-abal, hehe

    Reply

  15. antokoe
    Dec 11, 2009 @ 09:15:47

    selama ada maaf, polisi tidak perlu ada..

    yos:
    ini kan salah satu kata2 yang pernah diucapin di serial korea BBF itu,,,
    hehe..

    Reply

  16. macangadungan
    Dec 11, 2009 @ 09:29:55

    ooo, intinya narsis dan pengen pamer video? XDDDD
    tp bener kok, klo ada salah mending minta maap cepet2 drpd menyesal kemudian.

    yos:
    hahahaha…
    betul sekali,,,
    tapi bukn pamer video (videonya jelek gtu)
    mungkin pamer suara yang cempreng lebih tepat, hehe

    Reply

  17. senny
    Dec 11, 2009 @ 10:49:42

    kalo menurut gue sih minta maaf ga ada batas waktunya, yang ada kata terlambat itu adalah kondisi

    kalo kita minta maafnya kelamaan, kondisi udh berubah dan kemungkinan besar susah untuk mengembalikan kondisi kayak dulu lagi
    kalo minta maafnya masih fresh, kemungkinan untuk kembalinya kondisi seperti dulu lagi juga besar


    yos:
    boleh.. boleh….
    hehehe….

    Reply

  18. iskandaria
    Dec 11, 2009 @ 10:59:04

    Yang penting kita harus minta maaf selagi masih diberi umur oleh Tuhan. Takutnya ntar nggak sempet karena udah is dead duluan :)

    yos:
    bener bgt mas ya itu td…
    kburu orangnya pergi…

    Reply

  19. bundadontworry
    Dec 11, 2009 @ 11:03:14

    setuju sekali ,Mas.
    minta maaflah selagi masih ada kesempatan, hal itu juga menenangkan dan membahagiakan diri kita sendiri kok.
    salam.

    yos:
    iya bun…
    selagi masih ada waktu dan kesempatan..
    dan tentunya selagi kita masih sehat dan mampu…

    Reply

  20. isnuansa
    Dec 11, 2009 @ 11:09:52

    Maaf ya Yos, saya nggak bisa nonton videonya, wong ngga bisa… :cry: :cry:

    yos:
    baikan juga gtu kali teh…
    dari pada nnti perut langsung mual2 dengerin yos nyanyi..
    hehehehehe…

    Reply

  21. ramudeng
    Dec 11, 2009 @ 12:20:09

    Gue pernah minta maaf, tapi jawabnya malah “Maaf gue dah habis dimintain”
    Jadi begimana ntu bleh?
    Hajar bleh?
    Hajaaarr !!!!

    yois:
    hajar bleh…..
    hehehe…

    Reply

  22. ryan
    Dec 11, 2009 @ 12:59:17

    ea ka, toe btul sekali, baik qta yg mnta mf daripada gg memaafkan…

    lam knal za

    yos:
    lam kenal juga..

    Reply

  23. kenyo
    Dec 11, 2009 @ 13:22:52

    kita harus saling memaafkan… :D

    yos:
    betul..betul..betul.. :-D

    Reply

  24. kang supri
    Dec 11, 2009 @ 15:56:50

    Hem tak mikir dulu, terlambat gak ya minta maafnya… hehe mas saya minta maaf dulu deh, karena sebetulnya saya ingin bertukar link, hehe saya tunggu kunjungan baliknya ya :) makasih.

    yos:
    pasti sob gue berkunjung balik
    tunggu aja.. :-D

    Reply

  25. kenanga
    Dec 11, 2009 @ 19:06:11

    yang penting niat tulusnya minta maaf yos

    yos:
    iya neng, jangan sampai niatnya minta uang ya..
    hehe

    Reply

  26. Twitteling
    Dec 11, 2009 @ 19:42:34

    Tidak ada kata terlambat untuk meminta maaf

    yos:
    boleh..boleh.. :-D

    Reply

  27. tary
    Dec 11, 2009 @ 19:57:20

    dulu waktu kecil aku sering denger orang bilang gini, kalo salah harus minta maaf sebelum 3 hari, lewat 3 hari udah dosa gt. tp yg namanya salah pasti dosa kan? kadang2 juga kita sering ngerasa gengsi gitu mo minta maaf duluan, dan sampe skr aku juga masih sering ngerasa gitu, childish bgt yah…

    yos;
    hehe.. ada2 aja neng…
    mau 3 hari, 5 hari, atau sebualan
    asalkan kita masih bisa atau sanggup menemuinya
    baiknya segera minta maaf saja kan,

    Reply

  28. mbah gendeng
    Dec 11, 2009 @ 20:30:03

    mengalah bukanberarti kalah
    orang yg minta maaf atas perbuatan orang lain adalah orang yg bijak

    yos:
    betul..betul..betul :-D

    Reply

  29. DidiE
    Dec 11, 2009 @ 21:03:13

    better late than never…right….

    yos:
    That’s right, baby :-D

    Reply

  30. andipeace
    Dec 11, 2009 @ 21:41:45

    sangat baik banget…minta maaf atas perbuatan oarang lain……ucapan maaf emang lebih mudah daripada memaafkan.namun faktanya gak mau minta maaf karena malu.

    salam hangat kawan

    yos:
    iya sob…
    salam hangat selalau :-D

    Reply

  31. itempoeti
    Dec 11, 2009 @ 22:08:49

    Ryan Tedder itu apanya Ryan Jombang?

    yos:
    sepupunya kali, hehe

    Reply

  32. elmubarok
    Dec 12, 2009 @ 01:59:04

    kterlmbatan bisa mengkibatkan keadaan jd lbh ribet..
    termasuk minta maaf..
    tp lbh baik terlmbat dprpd tdk sm sklai… :) :)

    yos:
    betul…betull..betul.. :-D

    Reply

  33. pushandaka
    Dec 12, 2009 @ 02:32:48

    Kalau menurut saya sih, cuma ajal yang dapat membuat kita terlambat untuk mengucap maaf. Walaupun kata maaf kita sebenarnya bisa diucapkan dalam doa.

    Tapi kadang memang kurang afdol kalau minta maaf tanpa jabat tangan.

    yos:
    bener bang,,,,
    ajal yang dapat membuat kita terlamabat untuk minta maaf..

    Reply

  34. nurrahman
    Dec 12, 2009 @ 12:44:24

    hmm, yg ptg memulai niat utk minta maaf dan sadar akan kesalahan dulu ^^,

    yos:
    yupz…
    betul sekali itu :-D

    Reply

  35. Ph4R
    Dec 12, 2009 @ 13:26:38

    Salam kenal, mas. Ndherek langkung…

    yos:
    injih mas…
    monggo…

    Reply

  36. ruang hati berbagi
    Dec 12, 2009 @ 13:52:55

    tidak akan ada yang hilang dari kita memohon maaf

    yos:
    waktunya ilang dikit loh..
    hehehehe…

    Reply

  37. Yolis
    Dec 12, 2009 @ 14:19:26

    kalo merasa bersalah sebaiknya langsung minta maaf aja,, tapi terkadang ada rasa gengsi di diri manusia,, naahh rasa gengsi itu deh memuat minta maaf jadi telat…

    orang yang meminta maaf itu mulia lho…

    yos:
    sangat mulia orang yang mau meminta maaf..

    Reply

  38. narsis
    Dec 12, 2009 @ 17:53:05

    orang narsis jarang buat salah ( hehehe ) ga dink, kebanyakan malah, tapi gak tau diri jadi merasa da benar, duh harus buat daftar banyak ni siapa-siapa aja yang di maafin..

    yos:
    cepetan daftarnya dibuat sana, :-D

    Reply

  39. Irawan
    Dec 12, 2009 @ 18:44:20

    Suara n permainan gitarnya oke….

    yos:
    wew…
    tengkyu…tengkyu… :oops:

    Reply

  40. phonank
    Dec 12, 2009 @ 19:15:52

    Waduh2….

    aku mau mulai minta maaf ke siapa yah..??

    aku lupa nih, sudah berbuat salah ke siapa saja,, kalau sampai lupa minta maaf gmn nih..!

    waduh2…
    repot…

    Mudah2an ajah orang yg telah aku jahatin atau pernah berbuat salah kepada ku, sudah memaafkan aku, emin..

    ^___^

    yos:
    cepet aja amas…
    kburu kesmpatan itu hilang..
    hihihihi

    Reply

  41. heLga Gaga
    Dec 12, 2009 @ 19:35:51

    ga ada
    selama kita masih bisa ngungkapin kata maaf

    yos:
    boleh.. boleh..

    Reply

  42. Miftahur
    Dec 13, 2009 @ 02:21:06

    Saia minta maaf kepada seluruh Sahabat Blogger apabila ada salah…

    Mumpung masih sempat
    yos:
    dimaafkan, hehe…

    Reply

  43. ALRIS
    Dec 13, 2009 @ 05:27:14

    Kata yang berat dimulut untuk diucapkan. Salam kenal.

    yos:
    salam kenal juga mas…

    Reply

  44. Abied
    Dec 13, 2009 @ 10:18:53

    Hmmm ..
    Tidak ada kata terlambat, tapi bisa terlambat kalo yang disalahin dah meninggal.
    Heheh …
    Saya, Abied, dari sebuah tempat paling indah di dunia :mrgreen:
    Salam …

    yos:
    nah tuh bener kan klo dah meninggal bisa apa, hehehe

    Reply

  45. shekhotz
    Dec 13, 2009 @ 10:42:19

    sepertinya tidak ada kata terlambat untuk meminta maaf apalagi jika meminta maafnya dengan ketulusan hati…itu pasti lebih baik…tapi benar banget mengenai inti umur…siapa sich yang bisa mengukur umurnya sendiri…tidak ada seorang pun…dan meminta maaf itu bukanlah suatu gengsi tapi juga keharusan bagi yang melakukan kesalahan….

    marilah kita saling memaafkan satu sama lain karena sebuah kesalahan itu pasti terjadi bukan hanya dari faktor kesengajaan tapi juga ketidaksengajaan…. :oops:

    yos:
    waw…
    komntarnya bagus bgt nie…
    berbobot…
    2 kilo kali ya.. :-D

    Reply

  46. shalimow
    Dec 13, 2009 @ 11:14:47

    apa kabar mas
    maaf aku terlambat
    komentar
    hehehe

    yos:
    kabar baik mas…
    ok..
    maaf diterima, hehehe

    Reply

  47. azaxs
    Dec 13, 2009 @ 12:20:33

    maafkan saya juga karena baru mengenal blog ini…
    salam kenal mas :)

    yos:
    iya mas kagak ape2…
    salam kenal juga..

    Reply

  48. Zay Ariefz
    Dec 13, 2009 @ 12:20:51

    Minta maaf ko’ ndak boleh . . .

    Apa sih yang ngga. . . ? ? ? Kasihhh. . . Daaaaahhhh. . . :-)

    yos:
    oke…
    kasih..dah… juga… :-D

    Reply

  49. Hariez
    Dec 13, 2009 @ 12:25:54

    hmm…berarti ada kadaluarsanya donk sob :lol: hihi..

    yos:
    iya ada tnggal expirednya, hehehe…

    Reply

  50. Zahra
    Dec 13, 2009 @ 12:28:19

    wawww….minta mangap eh maap donk Om Yos :oops:

    btw link yang ini beda lho sob :mrgreen:

    yos:
    ouw gtu ta sob…

    Reply

  51. kelly amareta
    Dec 13, 2009 @ 16:21:59

    wah…, mengena banget neh postingan
    jangan sampe keduluan mati sebelum urusan maaf-maafan kita beres
    rugi bangeeett!!

    yos:
    nah gue dmen nie komntar…
    hihihihihi….
    neng kelly sendirian aja kesini, kan dah yos bilangin klo main ke sini neng reta diajak sekalian..
    masa komntar atas nama 2 orang (kelly “ama” reta) tapi datang sendiri..
    hihihihi *makin ngacooo* :mrgreen:

    Reply

  52. unduk
    Dec 13, 2009 @ 16:24:20

    hadooohh…!!
    unduk minta maap ya, kalo ada salah-salah kate :)

    yos:
    iye…
    aye maapin..
    hihihi

    Reply

  53. areeavicenna
    Dec 13, 2009 @ 17:44:24

    (doh)
    maaf kan saya jua bila ada salah2..
    baru berkunjung..
    :D

    yos:
    hehehe…
    maaf diterima cuuy..

    Reply

  54. Lambang
    Dec 13, 2009 @ 18:42:52

    Kalau silaturahmi lebaran udah lewat 3 bulan jelas udah telat banget.
    Tapi kalau maaf karena dulu mukulin temen sekolah, walaupun udah 10 tahun yang lalu, rasanya masih pantes aja.

    Salam Sukses!

    yos:
    klo bisa temuin aja mas klo masih bisa terus minta maaf…
    ati2 tapi klo nnti dia blaz bacok mas lambang, hahahaha…

    Reply

  55. Rizal
    Dec 13, 2009 @ 22:41:24

    Ya sudah kita saling memafkan aja mas yos … walaupun belum pernah bertatap muka .. :D
    semoga silaturahmi kita tetap terjaga yaa … :D

    yos:
    iya mas…
    sama sama deh..

    Reply

  56. zee
    Dec 14, 2009 @ 09:33:31

    Benar sekali. Kadang utk meminta maaf itu rasanya susahhhh sekali. Tapi lebih baik segera minta maaf daripada terlambat kan”?

    yos:
    iya teh…
    emang harus gtu seharusnya..

    Reply

  57. febe fernita t
    Dec 14, 2009 @ 14:02:37

    maaf kalo saya jugag pernah salah “mmpung ada kesempatan gag salah pun juga minta maaf, kayak salah satu tokoh bajaj bajuri ajah, hihihi

    iyaa, setuju mas wlopun pd kenyataannya emang sulitt.

    Tapi aku jugag salah satu tipe orang kalo lagi ada masalah dan masih ada kesempatan sebisa mungkin diselesaikan pada waktu itu juga, termasuk ngasih maaf atopun minta maaf.

    Makasi buat pencerahannya. salam bloger

    yos:
    wah mantap neng…
    salam blogger juga..
    :-D

    Reply

  58. ciwir
    Dec 14, 2009 @ 15:29:43

    maafin gue ya
    hehehe

    Reply

  59. kaskuser
    Dec 14, 2009 @ 16:18:20

    minta maap lebih mulia dibanding memberi maap

    Hi salam kenal just blogwalking doang. main dong ke blog saya

    http://blog.unsri.ac.id/kaskuserr/nais-inpo-gan/mrlist/1234/

    http://blog.unsri.ac.id/kaskuserr/news/mrlist/1233/

    dijamin bikin KETAGIHAN..!!!

    salam

    yos:
    iya sob…
    nie mau berkngkat ke blog lo, :-D

    (^_^)

    Reply

  60. Nova Imoet
    Dec 14, 2009 @ 17:19:36

    maaf ya baru bisa kasih komen balik…
    hehehehee….

    yos:
    iya neng, yos maapin, hihihi

    Reply

  61. soewoeng
    Dec 14, 2009 @ 18:09:09

    asal jangan diulang ulang bos

    yos:
    nggih mas sowung, hihi..

    Reply

  62. M Mursyid PW
    Dec 14, 2009 @ 21:47:30

    Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.
    Salam hangat dari pekalongan.

    yos:
    iya pak..
    salam kenal..

    Reply

  63. vtrediting
    Dec 15, 2009 @ 08:27:01

    Saya minta maaf sudah lama tidak menyambangi blog sahabat Wonogiri ini. Lebih baik minta maaf daripada tidak y? Semoga permohonan maaf ini diterima dengan kedua tangan terbuka, dada terbuka, hati nurani terbuka.
    Bagaimana cara membuka hati nurani? Insya Allah nanti saya tulis dalam blogku…masih cari waktu yang tepat. Tapi minimal setiap hari ada doa membuka hati nurani…mantap.

    yos:
    wah postingan berikutnya
    kelihtnya menarik tuh teh…
    klo udah diposting yos pasti mampir dah..

    Reply

  64. anny
    Dec 15, 2009 @ 09:08:30

    Kalo bisa sih saling memaffkan itu disegerakan, selain dengan kata kata juga dengan pernuatan mengembalikan hak haknya orang yang dimintai maaf itu agar ringan sudah hidup kita :D

    yos:
    betull.betul..betul.. :-D

    Reply

  65. afwan auliyar
    Dec 15, 2009 @ 10:17:06

    saling memaafkan lah kuncinya :)
    gak usah, saling EGO :D
    lam kenal

    yos:
    iya mas…
    salam kenal juga..

    Reply

  66. peri
    Dec 15, 2009 @ 11:41:26

    kunjungan pertama
    lam kenal :)

    yos:
    salam kenal juga..

    Reply

  67. liza
    Dec 15, 2009 @ 13:46:20

    sebenarnya tak ada kata terlambat dalam berbuat kebajikan seperti meminta maaf. tapi kita sering melambat-lambatkannya dengan berbagai alasan. mungkin salah satu bentuk mekanisme pertahanan ego, atau entahlah

    Reply

  68. Astaga.com Lifestyle On The Net
    Dec 15, 2009 @ 20:03:51

    maaf ya baru bisa mampirr. . . .:D

    Reply

  69. dedekusn
    Dec 15, 2009 @ 23:22:43

    Kunjungan malang & mau bilang

    tidaaaxxxxxxxxx….

    yos:
    :-D

    Reply

  70. dedekusn
    Dec 15, 2009 @ 23:26:37

    kunjungan lagi & cuma mau bilang Pissssssss

    yos:
    :evil:

    Reply

  71. bend
    Dec 16, 2009 @ 04:25:33

    Endang-andang ke gubuk temen-temen
    Ternyata aq semakin tenggelam :D

    yos:
    maksudnya, hehehe..

    Reply

  72. mandor tempe
    Dec 16, 2009 @ 12:19:26

    saya minta maaf juga, kapanpun dimanapun kalau masiha da kesempatan untuk minta maaf akan saya lakukan

    yos:
    iya dimaapin.. :-D

    Reply

  73. sarah
    Dec 16, 2009 @ 18:02:31

    bg aQ hanya 3 hal yg ssh bgt dilakukan pdhl sbnrnya terlalu mudah untuk dilakukan makanya…
    1. Meminta maaf dan memberi maaf
    2. Bersyukur
    3. Ikhlas…

    mksh y udah mampir k blogQ
    salam kenal :)

    yos:
    iya sob…
    sama2..

    Reply

  74. adidolok
    Dec 16, 2009 @ 19:18:50

    ane jg minta ma’af ya bro…(kesalahannya apa..?)…pokoke minta ma’af aja…”hajar bleh”…

    yos:
    maaf diterima, hehe

    Reply

  75. Kopral Cepot
    Dec 16, 2009 @ 21:01:11

    duh lama tak bekunjung … maaf’s beribu maaf’s ;)

    maaf’s pingin tau kalo punya duit 6,7 T mo dibeliin apah?

    maaf’s

    yos:
    beliin kerupuk aja.. hehe

    Reply

  76. shekhotz
    Dec 16, 2009 @ 21:09:54

    kunjungan malam :D

    selamat beristirahat maaf menggangu yach…:oops:

    yos:
    iya teh…

    Reply

  77. jemiro
    Dec 16, 2009 @ 21:58:37

    MANTAF BANG :cry: hiks hiks hiks hiks
    KERHENNNNN

    yos:
    makasih sob..

    Reply

  78. jemiro
    Dec 16, 2009 @ 22:01:54

    sekalian book mark ah :D sebar-sebar hohohoohohoho

    yos:
    hahahahah…
    ada2 aja..

    Reply

  79. Domba garut!
    Dec 18, 2009 @ 01:18:32

    Semoga batas waktu itu tidak menjadi kadaluarsa.. ingatlah bahwa permintaan maaf yangtulus itu kadang butuh waktu untuk dicerna orang ybs :D

    Memaafkan dengan ridho adalah pahala yang juga tidak ada masa kadaluarsa :D

    salam hangat dari afrika barat!

    yos:
    betul..betul..betulll
    salam hangat dari kota gaplek.. hehehe

    Reply

  80. Joko Setiawan
    Dec 19, 2009 @ 01:43:25

    Suaranya Kuueeren Mas…. :)

    yos:
    terimakasih.. :-D

    Reply

  81. Eka Situmorang-Sir
    Dec 23, 2009 @ 00:08:34

    Namun untuk dapat meminta maaf atau membrikan maaf tentu butuh proses juga :) dan prosenya bisa berbeda-beda satu dnegan yang lainnya…

    Yah selagi bisa.. yuuks mari hidup damai :)

    yos:
    yuk maree..
    hehehe..

    Reply

  82. gruunliebe
    Dec 31, 2009 @ 09:38:24

    yaaahh setuju bgt…
    jgn sampe yah kita termasuk golongan yg telat buat minta maaf…cz pasti nyeselnya gak maen2 tuh hehheee

    yos:
    betul..betul..betul..

    Reply

  83. ard malang
    Oct 11, 2010 @ 09:51:17

    kunjungan di pagi hari gan

    Reply

  84. adsense
    Dec 08, 2010 @ 07:46:03

    mantab gan…kereeeeen…

    Reply

  85. Portal Berita Terkini
    Dec 08, 2010 @ 12:32:56

    bener juga, mumpung masih ada kesempatan mendingan kita minta maaf dulu, ingat sebelum ajal menjemput.

    Reply

  86. Musik Bawah Tanah
    Dec 25, 2010 @ 23:23:25

    Kunjungan malam Gan… thanks ya postingan nya, dalam banget nih. Salam \m/

    Reply

  87. Sandhi asmoro
    May 04, 2011 @ 20:24:28

    Apa sih susahnya bilang “maafin aq ya”.. iya aq yang salah (walaupun kita merasa benar, tapi belum tentu benar dimata orang lain) intinya lihatlah segala sesuatu dari sudut pandang orang lain :p

    Reply

  88. ogahpro
    Nov 09, 2011 @ 05:54:17

    gak ada kata terlambat untuk meminta maaf kapanpun itu, . Salam kenal gan ternyata anggota IDblognetwork juga ya?

    Reply

  89. Memberi dan Meminta Maaf | dagdigdug.com
    Mar 29, 2012 @ 19:34:19

    […] tentang Maaf ini. Yos mengangkat dari sisi waktu memberi maaf. Dalam satu artikelnya yang berjudul Adakah kata terlambat untuk meminta maaf, mas Yos menuliskannya demikian Kita tidak akan pernah tahu sampai kapan kita dikasih waktu dan […]

    Reply

  90. Sewa Mobil di Bali
    Apr 01, 2012 @ 07:54:39

    meminta maaf berarti sudah sadar akan kesalahan, setuju bang. trims

    Reply

  91. AhSyai
    Apr 17, 2012 @ 12:57:11

    iya sih..menurut aku juga gitu.. kata maaf itu munurut aku ada terlambatnya juga..tapi bukan masalah waktu.. yang membuat terlambat malah ke sikap..

    Reply

  92. Diskon Mesin Kasir
    May 23, 2012 @ 14:30:26

    Lebih baik terlambat dari pada tak sempat diucapkan sama sekali :)

    Reply

  93. ristizona
    May 20, 2013 @ 14:04:47

    Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali kan..

    Reply

Leave a Reply

*