YOSBEDA.COM » Perspektif » Manusia » Bacharuddin Jusuf Habibie Memang Tak Tergantikan

Bacharuddin Jusuf Habibie Memang Tak Tergantikan

Written by on |
Bacharuddin Jusuf Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie / Tempo

Jika ada yang bertanya siapa tokoh idola gue? Dengan bangganya tentu gue akan menjawab Prof. Dr. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang biasa dipanggil bapak habibie saja, gue mengenal sosok habibie sejak gue masih kecil, waktu kecil dulu jika dengar kata “orang pinter” orang jenius” or “orang cerdas” pasti langsung terbayang sosok pak Habibie. Waktu kelas 5 SD gue bangga banget tokoh idola gue ini diangkat menjadi presiden menggantikan Soeharto, sebenarnya Indonesia sangat beruntung mempunyai presiden yg sangat jenius seperti beliau, sayang waktu itu rakyat Indonesia ngga menyadari akan hal itu, sehingga pak Habibie waktu itu hanya bertahan selama 14 bulan saja menjadi presiden RI, payah..payah..payah… dikasih pemimpin yg pinter,raligius n ngga neko-neko malah disia-siakan…

Pak Habibie namanya sangat harum di Indonesia maupun di dunia Internasional , di dunia Internasional namanya sangat dikenal karena Prestasi keilmuannya yang cemerlang, antara lain beliau adalah penemu/pencipta teori Habibie, faktor Habibie, dan metode Habibie yang menjadi standar dunia dalam konstruksi pesawat terbang. Dari hasil penemuannya menghitung secara rinci rambatan keretakan (CRACK PROPAGATION) pada pesawat hipersonik, beliau dijuluki “Mr. Crack” oleh para wartawan asing. Selain mendapat julukan “MR.Crack” Pak Habibiejg mendapat julukan “Pembawa Abad Teknologi ke Indonesia” dan “Everett dari Timur”. (Everett adalah lokasi pabrik boeing di Seatlle, AS). melihat fakta diatas kurang apa lagi pak habibie coba? lebih dari cukup memenuhi syarat untuk kita jadika seorang guru bangsa.

Banyak hal yang membuat gw kagum ma beliau, Selian karena memiliki kecerdasan yang tinggi (mungkin orang terjenius dari Indonesia), yang membuat gw kagum ma beliau adalah bahwa Habibie adalah seorang muslim yang taat. Dalam menghadapi berbagai kesulitan,beliau tidak luput dari do’a dan sholat untuk mendapat petunjuk atau ilham. Gw yg muslim jg, tentunya sangat bangga ada seorang muslim yg seperti beliau, beliau adalah gambaran nyata seorang yang dapat mensinkronkan IPTEK dan IMTAKnya dengan baik. Pak habibie tahu bagaimana menggunakan kelebihan yang diberikan Tuhan kepadanya. Pak habibie tidak pernah sombong atau takabur atas kelebihan yang dia miliki. Pak habibie memang tak tergantikan..

————————————

** Sebenanrnya ini tulisan waktu awal-awal ngeblog dulu untuk halaman blog (page) berhubung template blog ini navigasi pagenya jadi kategori maka tulisan ini gue repost aja pada halaman posting, sayang klo dihapus atau bahasa jawanya “eman-eman”.. hehe..

Related Items

49 Comments

  1. Den Hanafi
    Apr 04, 2010 @ 15:36:39

    selain kejeniusannya, saya suka dengan kerendahan hati beliau. walau dah melalang buana di bidang teknologi, beliau selalu tampil dengan kesederhanaannya.

    mudah2n anak ane nanti pinter kya Eyang Habibi. hehe. :sungkem

    Reply

  2. elmoudy
    Apr 04, 2010 @ 16:36:13

    gw juga sebtulnya suka banget ama pak Habibie..
    kejeniusannya di bidang Iptek gak tertandingi. Sayangnya… pemerintah dan departemen terkait gak sanggup mensupport beliau. Malah menjadikannya politisi.. yaah.. salah alamat jadinya.

    perul dimunculkan anak2 muda yang mampu seperti beliau, Yos contohnya hehhee.

    Reply

  3. Agnes Sekar
    Apr 04, 2010 @ 16:51:11

    Selamat sore Yos, saya juga suka sama Habibie, ketika saya di Bandung dulu dan sering main ke kantornya dulu namanya PT> NURTANIO, kagum banget dengan kecerdasan beliau merancang pesawat, bengkelnya yang seableg-ableg guedenya, pokoknya gumunake liatnya dan bagi saya tak terjangkau oleh akal dan pikiranku. Salute ! Salute!

    Reply

  4. darahbiroe
    Apr 04, 2010 @ 21:07:03

    saya gak ikut komeng lo soal ini hehe
    😀

    Reply

  5. Siddiq Basid
    Apr 04, 2010 @ 21:16:59

    ada dua presiden negeri ini yang saya kagumi, Bung Karno karena kemahiran memimpin dan berorasi lalu Pak Habibie karena kejeniusannya dan kerendahan hatinya, Sang Albert Einstein dari Bumi Nusantara….

    Reply

  6. red
    Apr 05, 2010 @ 02:09:21

    habibie ditolak karena euforia massa saat itu yg memandang beliau masih bagian dari orba. apapun yg berbau orba pada waktu itu harus segera digulingkan sob 😛 padahal kualitas beliau kita tahu luar biasa. kesalahan berikutnya di mata massa adalah dia dianggap penyebab timtim lepas dari indo. lengkap sudah ‘dosa-dosa’ politik habibie

    Reply

  7. Desri
    Apr 05, 2010 @ 06:44:36

    iya juga ya…dulu waktu SD, menteri yang palig teteh apal adalah pak Habibie

    Reply

  8. Desri
    Apr 05, 2010 @ 06:45:09

    eh ya….kedua link punya yis dah teteh pasang loh

    Reply

  9. wawansri
    Apr 05, 2010 @ 09:57:03

    smua orang ada kelebihan dan kekurangannya tinggal sejauh mana kita mensikapi tanpa harus membenci atau memaki…

    Reply

    • aldy
      Apr 05, 2010 @ 19:20:37

      Kayaknya banyak yang benci hanya karena pak Habibie orang dekatnya pak Harto saja.

      Reply

  10. Joulecar
    Apr 05, 2010 @ 10:05:52

    kangen masa-masa kejayaan pak habibie di Indonesia, kejayaan penerbangan indonesia….

    Reply

  11. grosir baju wanita
    Apr 05, 2010 @ 10:35:45

    hay.. nice to see you,…

    Reply

  12. aldy
    Apr 05, 2010 @ 19:16:37

    Prof. Dr. Ir. Burhanuddin Jusuf Habibie, Dipl.Eng ( mudah-mudahan gak salah ), memang salah satu putra terbaik bangsa ini.
    Cuma sayangnya, selain yang Yos uraikan diatas. Ternyata negara lain lebih mampu menghargai kehebatan beliu dibanding bangsanya sendiri.

    Reply

  13. Deka
    Apr 06, 2010 @ 05:34:17

    Sampai hari ini saya masih salut dengan pak habibie, ya alasannya kurang lebih seperti yang om yos jelaskan di atas. namun seperti biasa moto tak tertulis di negeri ini “orang yang jenius, hebat, jujur, dstnya sebaiknya jangan hidup di Indonesia deh”. Just My Opinion.

    Reply

  14. Yui
    Apr 06, 2010 @ 10:02:10

    Saya setujuh,, andaikan negeri ini tidak menyianyiakan talenta yang ada,, bukan cuma habibie, tapi kebanyakan talenta cerdas yang ada di Indonesia dibajak oleh negeri lain yang lebih tahu dan mengerti akan kelebihan seseorang,,
    Bangsa Indoneia, kurang menghargai talenta,, CMIIW….

    Reply

  15. Gus Ikhwan
    Apr 06, 2010 @ 12:32:28

    salam, sahabat
    emang beliau sangat jenius dan rendah hati
    tapi setiap pemimpin bangsa punya masa kejayaan dan kesurutan tinggal kita aja bagaimana kita menyikapi usaha2 dari beliau
    mampir balik ya

    Reply

  16. shalimow
    Apr 07, 2010 @ 07:20:27

    yayaya saya setuju dibeberapa ulasan ini yos
    makaci, sukses y blognya

    Reply

  17. indra1082
    Apr 07, 2010 @ 08:12:46

    Setuju, orang2 seperti BJ Habibie jangan masuk politik, gak cocok, tetapi beliau dapat membentuk dan mendidik habibie2 baru untuk Indonesia.. 🙂

    Reply

  18. OdyDasa
    Apr 07, 2010 @ 09:52:04

    Karena manusia Indonesia terbiasa mengkotak-kotakkan segala sesuatu, dia terkena getahnya. Yg Orba lah, yg nepotis pada anaknya lah, yang dia gak cocok jadi negarawan lah…
    Seorang begawan pun suatu ketika harus memimpin.

    Reply

  19. aimuz
    Apr 07, 2010 @ 10:06:12

    saya juga mengidolakan beliau!

    Reply

  20. zon
    Apr 07, 2010 @ 18:58:25

    ngga setuju ah, heheh..
    jenius aja ngga cukup untuk memimpin bangsa yg super majemuk n super aneh ini 😀

    .

    Reply

  21. DikMa
    Apr 08, 2010 @ 07:49:39

    Jujur, saya mengIdolakan beliau ..

    Reply

  22. zulhaq
    Apr 08, 2010 @ 09:38:03

    gw kemarin habis ngobrol sama orang tua, tentang Habibi yang tak tergantikan, kok bisa sama dengna potingan lw yah?

    *aneh yang kedua setelah candi*

    **jangan2 lw anak ajaib**

    ***ah masa iya sih***]

    ****tapi ya mungkin jg****

    *****namanya juga calon vokalis kerispatih*****

    =)) =)) =))

    Reply

  23. nurrahman
    Apr 08, 2010 @ 11:24:54

    banyak org pinter kyk habibie di negara ini yg seloah “disia-siakan” sama penguasa (doh)

    Reply

  24. fanz
    Apr 09, 2010 @ 09:57:03

    ya gue setuju nih. kapan yah indonesia bisa di pimpin sama orang yang kaya habibi lagi..

    Reply

  25. Baris Iklan
    Apr 09, 2010 @ 12:47:22

    kenapa ya kok habibie bisa pinter seperti itu?dia makan apa ya sejak kecil

    Reply

  26. elmoudy
    Apr 09, 2010 @ 14:16:57

    updeeet bang, apdeeet ..
    Bang Yos kemana waee

    Reply

  27. idebagusku
    Apr 09, 2010 @ 18:25:28

    emang benar pak habibie itu tak tergantikan, karyawan dirgantara indonesia saja masih mengharapkan beliau untuk memimpin

    Reply

  28. willy
    Apr 09, 2010 @ 21:31:10

    gw juga bangga, karena gw anak penerbangan ITB… mudah2an gw bisa menjadi seperti doi nantinya… aminnnn

    Reply

  29. iskandaria
    Apr 10, 2010 @ 16:09:23

    Sayang sekali Indonesia harus menyia-nyiakan SDM sebagus beliau ya. Politik memang busuk dan selalu berusaha menjatuhkan yang dianggap sebagai lawan. Di negeri lain, Pak Habibie malah diberi kehormatan dan dihargai setinggi langit. Sungguh ironis dan tragis 🙁 (hujan batu di negeri sendiri dan hujan emas di negeri orang lain)

    Reply

  30. bem-its.org
    Apr 11, 2010 @ 05:31:03

    banyak org pinter kyk habibie di negara ini yg seloah “disia-siakan” sama penguasa (doh)

    Reply

  31. rose
    Apr 25, 2010 @ 13:38:47

    beliau memang Ok… rose juga bangga pada beliau … ^^

    Reply

    • sanksi
      May 26, 2010 @ 01:21:39

      Yang perlu adalah bukti ! Bikin pesawat tidak layak terbang, keberatan badan, tidak memperoleh sertifikasi.
      Ngurus Kereta Api dan Pelni, rugi melulu. Sedikitpun tidak ada inovasi. Dibesarkan Suharto, toh achirnya berkhianat. Reparasi sepeda motor pun tidak becus.

      Reply

  32. asop
    Apr 25, 2010 @ 16:29:11

    Iya, beliau memang hebat… 🙂
    Cuman emang presiden bukan tempatnya beliau… 😉

    Reply

  33. Koeshariatmo
    Apr 26, 2010 @ 11:07:51

    saya juga salut ma Pak Habibie
    dari SD dah kenal orang jenius yaitu beliau

    Reply

  34. benehal
    Apr 28, 2010 @ 14:54:37

    “…seperti pak habibie…”, jadi inget lagunya Joshua …let’s keep the spirit !

    Reply

  35. h4k3rput1h
    May 14, 2010 @ 17:29:36

    Indonesia emang gak pantes di pimpin oleh orang pintar and jenius kayak pak habibie… tuch terlihat dari animo masyarakat kita yang lebih suka nonton sinetron or infotaintmen yg kurang bermutu dari pada nonton acara pendidikan or berita makanya kita punya pejabat yang kayak artis sinetron = Jahat, Mencari polularitas kyk ybs, suka selingkuh, suka nyuri uang, suka ngosip and membesar-besarkan masalah, uforia (kayak bonek, jekmania, and aremania) dll. Pejabat cerminan masyarakatnya, karena pejabat di negara kita kan dipilih lewat pemilu, trus kecenderungan oran memilih kalo ia mersa sreg atu hampir sama sifatnya jadi terpilihlah dech pejabat yang mencerminkan rakyatnya. Gak usa mengeluh and ngosip kalo negara kita gini-gini aja, yang terpenting kita tetep semangat untuk belajra, bekerja and bernuat yang terbaik, bila tiap-tipa individu di negara kita punya semangat kayak getu otomatis akan baik pula negara kita kedepannya. peace, maap jika ada yang tersinggung.

    Reply

  36. Indonesia-indonesia !!!!
    May 15, 2010 @ 00:16:48

    Kapan orang indonesia itu akan pintar. Ahli saint bukan berarti baik utk memimpin negara. Orang baik memang dia, tapi ingat orang baik itu selalu dikibuli oleh si jahat. Lihat peristiwa TIMTIM. Jangan dibawa cara fikir indonesia karena disana berlaku system menangkap orang diwaktu sedang berunding, mengunakan orang disaat mereka tidak mau berbuat dosa. Jadi HABIBIE ini bukan Type pemimpin tetapi orang yang disegani karena jenius saja. Akbar faisal, amin, probowo, Kwie gie, kusno sepertinya ada harapan pada mereka jika dimulai dari sekarang untuk mendobrak keborokan diatas. Mengapa harus ditunggu sampai 2014.

    Reply

  37. apipceria
    May 15, 2010 @ 18:08:26

    nah inilah yg menjadi khas dari Indonesia.. yang pinter “di buang” yg goblok di pelihara.. CUMA ADA DI INDONESIA.

    Reply

  38. John Rachmat
    May 26, 2010 @ 09:52:47

    Memang sepertinya kita ini sebagai society yang guoblok alias bodoh, diberi pemimpin orang pintar-pintar dan agamis, seperti Prof Habibie dan Prof Sri Mulyani malah disia-siakan. Maunya dipimpin pemimpin yang tidak amanah, bodoh dan tukang korupsi, bagaimana kita mau jadi bangsa yang maju, sama negara Vietnam aja sebentar lagi kita ditinggal, jangan bandingkan dengan Malingsia atawa SIngapura, sudah jauh ketinggalan. Di Indonesia banyak orang pintar dan amanah tetapi disia-siakan….. yang ada tunggulah ketertinggalan….

    Reply

  39. beby
    Jun 01, 2010 @ 08:57:04

    hm.. org2 di indonesia cmn pinter umbar janji.. klu mw milih presiden sebaiknya pak anas urbaningrum!! politisi jempolan,, muda dan berbakat!! sby bgus tapi masih tanda tanya,, yg dia lakukan sekarang ga jauh beda sama presiden yg sudah2!! atau pak prabowo,, pak wiranto udah mencoba tapi gagal.. coba presiden baru yg visinya jelas,, sby bisa jd presiden priode ke 2 ini karena selama 5 tahun kepemimpinannya dia menanamkan kepercayaan besar kpd rakyat yg nyatax sekarang nol besar.. menggaji rakyat yg sebenarnya hx memboroskan uang negara!! menjanjikan pengangkatan honorer melalui database.. setelah terpilih ke2 kalinya semua jadi hilang!! susah

    Reply

  40. Haeruna
    Aug 24, 2010 @ 08:42:27

    ditunggu kemunculan Habibie selanjutnya 🙂

    Reply

  41. John Rachmat Yang Laen
    Sep 13, 2010 @ 14:04:57

    Maaf, Habibie memang adalah ilmuwan yang jago, tapi sebagai Presiden prestasinya sangat buruk.

    Dialah yang bertanggung jawab “kehilangan” Timor Timur, karena dengan lugunya berpikiran bahwa rakyat Timor Timur akan mencoblos tetap menjadi bagian NKRI dalam sebuah pemilihan umum yang bebas dan rahasia. Mengingat berbagai kekejaman ABRI di Timor Timur, ini adalah suatu pemikiran politis yang bego sebego begonya.

    Disamping itu beliau juga akan diingat sebagai seorang pemuja nepotisme, setelah menghadiahkan bintang kehormatan tertinggi di Indonesia yaitu “Bintang Republik Indonesia” kepada istrinya sendiri, Hasri Ainun Besari, hanya setelah 3 bulan menjabat sebagai Presiden RI. Lepas dari apakah istrinya memang berprestasi demikian hebatnya untuk mendapatkan lencana kehormatan itu, sangat tidak beretika bagi seorang pejabat negara untuk memakai jabatannya untuk menguntungkan diri sendiri ataupun anggota keluarganya.

    Memang di banding beberapa tokoh negarawan lainnya, dosa dosa Habibie di atas terbilang “kecil”. Tetapi saya sangat tidak setuju apabila beliau dinilai sebagai Presiden terbagus. Satu hal yang satu setuju dengan penulis di sini, Ibu Sri Muljani saya percayai akan menjadi Presiden yang hebat – seandainya saja rakyat Indonesia cukup cerdas untuk memilihnya.

    Reply

  42. Hasa
    Sep 22, 2010 @ 14:54:40

    Seandainya dulu B.J Habibie diberi kesempatan lebih lama utk memimpin negeri ini…saya yakin kalo Indonesia akan jauh lebih baik dibandingkan saat ini…sayang…bangsa kita kurang bisa menghargai orang-orang hebat seperti beliau…

    Reply

  43. Toko Pancing Online
    May 14, 2011 @ 15:40:11

    Pak habibie emang jos
    Pintar, Santun dan islami

    Reply

  44. kris
    Dec 30, 2012 @ 21:03:48

    saya tidak setuju dengan perkataan anda bahwa bpk.habibie tidak tergantikan itu….
    justru saya berharap pemuda indonesia bnyak yg bisa melebihi bpk.habibie…. dan orang2 seperti itulah yg akan menmbangun bngsa ini….

    Reply

  45. T.Wahyudi
    Apr 18, 2013 @ 20:56:26

    Dari mulai kecil saya selalu mengidolakan pak Habibie karena beliau cerdas taat beragama teknokrat dan ini baru satu satunya putra bangsa yg saya kagumi , emang aneh negara ini dikasih orang pinter dan cerdas disia siakan sangat disayangkan

    Reply

Leave a Reply

*