YOSBEDA.COM » Perspektif » Opini » Jokowi Nyagub DKI, Jadi Inget Armand Gigi

Jokowi Nyagub DKI, Jadi Inget Armand Gigi

Written by on |
Joko Widodo dan Armand Maulana

Joko Widodo dan Armand Maulana

Tahun 2005 silam Armand Maulana, sang vokalis grup band Gigi membuat kejutan ketika menyatakan akan berangkat ke Amerika Serikat untuk mengikuti audisi vokalis grup band legendaris INXS yang dikemas dalam reality show yang bernama Rock Star: INXS, bagi ‘Gigi Kita’ (nama fans band gigi) seperti saya tentu keputusan armand saat itu adalah sebuah kabar yang kurang mengenakan, mengingat dengan kepergian armand tersebut band gigi terancam mengalami kevakuman bahkan bisa saja bubar.

Saya sendiri kurang begitu tahu apakah saat itu budjana, thomas, dan hendy benar-benar mengiklashkan armand maulana untuk pergi demi kebaikan kariernya kedepan?
Dari apa yang pernah saya alami ketika masih mempunyai band, perasaan ngga  ikhlas itu akan ada ketika salah satu personil band kita pergi disaat band kita lagi naik-naiknya, bagaimana bisa setelah berjuang bersama malah ada salah satu dari teman/personil kita yang pergi.

Entah memang nasib baik masih menaungi band gigi dan para gigi kita, akhirnya Armand Maulana  harus mengubur mimpinya dalam ajang pencarian bakat tersebut, bahkan Arman ‘gagal’ sebelum mengikuti acara resmi dari reality show tersebut dikarenakan keterlambatan pendaftaran.  paska kepulangan Armand ke tanah air saya sangat salut ketika teman-teman satu bandnya dan para gigi kita bisa menerima kembali armand sehingga Band Gigi bisa eksis sampai sekarang ini.

Kisah Armand Maulana, Band Gigi dan Gigi kita 7 tahun lalu itu menurut saya sedikit memiliki kemiripan dengan kisah pencalonan wali Kota Solo Jokowi menjadi Calon Gubernur DKI, yang dimana ketika Kota Solo sedang berjaya dan banyak warganya yang begitu mengeluh-eluhkan sosok pemimpinnya, seketika itu juga bapak jokowi begitu “tega” meninggalkan kota yang telah dipimpinya lebih kurang 7 tahun kebelakang ini.

Mungkin dalam hati warga solo yang selama ini memuja jokowi bertanya “bapak jokowi itu sebenarnya cinta ngga sih sama kota solo, kok kelihatnya entang banget untuk meninggalkan kota tercinta ini” pun juga ketika 2005 silam saya bertanya dalam hati “Armand Maulana ini sebenarnya cinta ngga sih ma band giginya? Kok enteng banget meninggalkan teman-teman bandnya untuk mengadu nasib di sebuah reality show

Saya masih ingat di sebuah wawancara di salah satu stasiun televisi Meuthia Kasim, orang yang menunjuk armand mengikuti ajang tersebut membuat perandain seperti ini  “jika tiba-tiba Brat Pitt melamar saya masa iya saya tolak”, tanpa mengurangi rasa kekaguman saya pada Meuthia Kasim saya rasa perandaian yang diungkapkan ini sangat konyol, apa iya klo mbak terima pinangan Bratp Pitt mbak Meuthia  bakal bahagia? Ntar kalau dicamapakan bagaimana, nyahok juga kan :p

Ya saat itu saya berfikir sperti itu, apa iya jika nanti armand gagal di ajang tersebut gigi mau menerima armand lagi? Beruntung buat Arman, teman-teman Gigi dan para Gigi Kita sangat baik hati, Saya sendiri sampai saat ini masih menggangap peristiwa tahun 2005 tersebut adalah sebuah kesalahan armand maulana pada Band Gigi dan para Gigi Kita yang sulit terlupakan, tentu tak elok ketika kita meniggalkan tema-teman satu perahu kita hanya demi menangkap ikan yang lebih besar.

Pertanyaan yang sama mungkin bisa ditanyakan perihal nyagubnya Jokowi, Apa iya warga solo bisa menerima kembali bapak jokowi ketika beliau nanti ternyata kalah dalam pilkada DKI. Menerima jokowi yang saya maksud disini adalah menerima beliau kembali menjadi sosok idola dan pemimpin idaman bagi solo. Sebagian orang orang yang merasa sedikit “terhianati” mungkin agak sulit ya.

Sebagaimana tipikal wong solo yang tak gemar menyimpan dendam dihati mungkin jika jokowi gagal nanti, warga solo akan kembali menerima walikotanya tersebut denga lapang dada, dan Bapak jokowi sendiri mungkin akan semakin sadar bahwa warganya di solo  itu sangat mencintainya, saya yang bukan asli solo saja sangat mengagumi sosok beliau, dan salah satu alasan saya tetap di Solo salah satunya adalah karena kehebatan walikotanya tersebut.

Related Items

17 Comments

  1. Ody Dasa Fitranto
    Mar 28, 2012 @ 17:07:06

    Nganu, ya, nganu…
    Sekedar mau kasih tahu, ini pertamax 🙂

    Reply

    • Ody Dasa Fitranto
      Mar 28, 2012 @ 17:08:26

      Nganu, timbang berspekulasi dan punya pemikiran sendiri, mbok kapan2 takon pak jokowi, jane karepe piye…

      Reply

      • Andy MSE
        Mar 31, 2012 @ 17:26:43

        ayo takon bareng2, om!

        Reply

        • Yos Beda
          Apr 01, 2012 @ 08:03:14

          ayoo, mas-mas’e aku melu…

          Reply

  2. Andy MSE
    Mar 31, 2012 @ 17:26:09

    analisismu top markotop, Yos!
    ning aku ki wong tosuro (nek pak ody ketoke wong mbelali), dadi jokowi mrono-mrene aku yo enteng wae! malah rasaku eman-eman nek wong seapik jokowi mung kanggo wong solo thok! rak yo he’eh to?

    Reply

    • Yos Beda
      Apr 01, 2012 @ 08:04:58

      aku sing wong wonogiri kok malah rodo abot yo mas ngeculke pak jokowi neng DKI, coba pak jokowi dadi bupati wonogiri, tak dukung penuh, hihihihihii

      Reply

  3. niee
    Apr 01, 2012 @ 07:42:39

    gini.. klo jokowi menang terus tahun 2014 dia diajak jadi wapress pasti ditinggal lagi tuh gub dki nya :p

    Reply

    • Yos Beda
      Apr 01, 2012 @ 08:06:49

      hehehehehe, klo rule mainnya seperti itu bisa aja sih, tapi masak iya pas jadi RI 1, dan ada tawaran lebih tinggi lagi, jabatan presidennya ditinggal juga

      Reply

  4. mariana
    Apr 03, 2012 @ 14:01:37

    ohya ya,, baru ngeh kalau dulu armand maulana juga begitu ..

    Reply

  5. feri
    Apr 04, 2012 @ 22:46:58

    Menurut saya wajarlah, soalnya ntar kalo dah selesai masa jabatannya kan gak ada kegiatan, dia mau berkarya, orang harus naik level mas, masa disitu2 terus, gak berkembang dong, saya sih mendukung bgt artinya dia gak mau puas ato merasa cukup menjadi walikota solo(lagian dah dua periode dah gak bisa maju lagi) dan dia kepengen bisa nyelesaiin masalah dijkt. Hanya itu

    Reply

  6. arif
    Apr 13, 2012 @ 15:08:21

    masalah cinta warga sendiri dan kepemimpinan itu dekat dengan politik. dan tau sendirilah bagaimana politik di negri ini, hitam putihnya, sisi baik dan buruknya 🙂

    Reply

  7. Yahya
    Apr 24, 2012 @ 02:15:19

    Aduh ini analisis yg salah krn dpt info setengah2 ya sepertinya. Pertama memang armand telat daftar, tetapi ketika jamming bareng inxs, manajernya sendiri yg bilang audisinya uda gak penting krn uda nemu armand, tetapi demi menghormati berjlnnya reality show gak jd deh tuh dibatalin. Kepentingan komersil lbh diutamakan sepertinya disini. Tapi perlu dicatat ya..awalnya audisi ini tdk dibuat utk reality show, mereka menerima pendaftaran vokalis dr seluruh dunia, setelah tau bnyk yg daftar baru mereka menerima tawaran utk dibuat reality show..jd ini pd dasarnya audisi tertutup..

    Kedua gue kenal sama personil gigi salah satunya, mereka malah bangga kalo armand bs diterima sana..ketika denger armand telat daftar mereka malah menyayangkan..jd pada dasarnya mereka itu mendukung penuh armand..tdk ada perasaan dikhianati..kalo gak percaya silakan kalo memang ada wkt atau kenal tanyakan soal hal ini..

    Ketiga, masy solo sebagian besar ngedukung jokowi jd cagub di dki, menurut beberapa kabar dr teman disana, mereka akan menjadi bangga kalo org solo bs jd pejabat nmr satu di ibukota negara, krn dgn begitu jokowi dianggap mewakili mereka. Justru mereka kecewa kalo jokowi sampe kalah,

    Sedikit kesimpulan yaa beda armand dan jokowi kesamaan terletak pd pemberian dukungan penuh utk maju ketingkat yg lbh tinggi dr masing2 bidang oleh masyarakatnya masing2…masi bnyk yg blm dimasukan disini sbg penambahan informasi, semoga lain wkt bs saya tambahkan lagi, kurang lebihnya mohon maaf jika kurang berkenan, terima kasih

    Reply

    • Yos Beda
      Apr 24, 2012 @ 08:48:18

      terimakasih atas masukan informasinya mas,
      tapi dari informasi yang mas paparkan ada beberapa pertanyaan dan pernyataan yang ingin saya sampaikan. 🙂

      1. Tanpa bermaksud meremehkan kualitas armand yang juga vokalis idola saya, saya rasa standar vokal armand untuk menjadi vokalis INXS masih agak jauh, lihat saja dua dari tiga finalis teratas ( Mig Ayesa, Marty Casey, dan J. D. Fortune) “Rock Star: INXS” adalah ras kaukasoid dimana disini pita suara ras mereka ‘biasanya’ lebih gahar dari ras asia. walaupun ada juga beberapa penyanyi asia yg suaranya lebih bagus dari para bule sono sperti sandhi sandoro misalnya. dan ‘menurut saya” vokal armand masih khas Asia banget disini, dan sedikit kurang cocok dengan karakter INXS.

      2. apakah mungkin band sekelas INXS mengorbankan band’nya demi sebuah acara reality show? dimana ketika menemukan vokalis yang tepat diluar audisi (armand) tapi malah membatalkanya, melihat usia INXS saat 2005 lalu yang sudah 28 tahun saya reasa mereka adalah band yang sangat dewasa dan tidak akan melakukan hal-hal konyol demi sebuah “komersialitas”.

      3. saya percaya juga kalau salah satu personil gigi bilang begitu, saya sendiri mungkin juga akan bilang seperti itu ketika salah satu temen band saya tiba-tiba dikontrak menjadi vokalis band legendaris dunia, namun tentu hati kecil saya ada perasaan ngga ikhlasnya, hehe..

      4. menyoal kebanggaan warga jokowi andai jokowi terpilih memang ada beberapa masyarakat solo ada yang merasa sperti itu, namun salema ini dari dari obrolan-obrolan di warung pinggir jalan, HIK (angkringan) tukang becak, warga dll, mereka sebetulnya ada perasaan ngga rela juga ketika pemimpin panutanya meninggalkan mereka, sangat wajar menurut saya mengingat merekea dulu memilih jokowi untuk menjadi pemimpin mereka selama 5 tahun, tentu mereka menuntut 5 tahun masa kepemimpinan jokowi itu harus diselesaikan dulu. yang saya sampaikan ini bukan kabar dari teman atau lainnya lho, saya sendiri mengobrol dengan mereka walau ada juga sih beberapa hasil dari menguping, hehe..

      Reply

      • Candra
        Jul 19, 2012 @ 00:09:19

        Yang nomer 3. Ga ikhlas apa cemburu mas??? :p

        Reply

  8. Voucher Hotel Bali
    May 19, 2012 @ 12:21:34

    hehehe sekilas mirip sih emang 😀

    Reply

  9. linda
    Jun 20, 2012 @ 10:45:02

    Waduh.. Kok bawa-bawa Armand ya? Bawa nama GIGIkita pula. Nanti disangkanya Armand dukung Jokowi dong.hehe..

    Reply

  10. dude_y0himpe8899@yahoo.com
    Jun 25, 2012 @ 22:08:51

    saya sendiri yg bukan waga solo saja mendukung jikowe
    maju terus joko we

    Reply

Leave a Reply

*