Advertisements

You are here: Home > Curcol > Mereka Mengenalnya Sebagai Ibu, Saya Mengenalnya Selayaknya Tuhan

Mereka Mengenalnya Sebagai Ibu, Saya Mengenalnya Selayaknya Tuhan

saya dan ibu saya

saya dan ibu saya

Saat tangis pertama seorang anak manusia, yang dia lihat dan bisa menenangkannya adalah Ibunya, wanita yang dipilih Tuhan sebagai ‘jalan’ anak manusia hadir ke dunia. Sedangkan di mata seorang Ibu, anak adalah harta terbesar yang dia miliki di dunia, sebagaimana yang sering dikatakan Ibu pada saya dan adik saya, dan saya yakini itu bukan sebatas kata. Sepanjang 26 tahun saya mengirup udara di planet hijau nan indah ini, tak ada kasih dan sayang yang tulus melebihi kasih dan sayang seorang Ibu kepada putra-putrinya.

Tak hanya cinta dan kasih yang sanggup diberikan seorang Ibu pada anaknya, seorang ibu rela berkorban demi anaknya. Contoh kecilnya mungkin bisa kita lihat saat kita kecil dulu, selayaknya anak-anak lain, saat itu kita masih punya banyak keinginan, kepada Ibu biasanya kita meminta, dan ibu pun memberikan apa yang kita minta. Tak jarang keinginan sang anak berseberangan dengan keinginan seorang ibu, sebagai wanita normal tentu seorang Ibu juga punya keinginan, seperti ingin menabung, ingin membeli perhiasan, ingin menghemat dan lain-lain, di situlah pengorbanan ibu akan terlihat nyata.

Saya bersyukur, karena masih bisa bertemu Ibu seminggu sekali, karena saya bekerja dan kos tak jauh dari kampung halaman, hanya satu jam perjalanan. Ada hal-hal kecil yang ibu lakukan yang menurut saya luar biasa, saat saya biasanya pulang ke rumah ibu kadang masih menyisihkan makanan untuk saya, walau hanya makanan ringan, buah-buahan dan sejenisnya. Yang saya tangkap dari maksud ibu, mungkin ingin menyeimbangkan apa yang diberikan ke adik dan apa yang diberikan ke saya, walau jujur tak jadi soal buat saya akan apa yang ibu berikan.

Ibu dan Bapak

Ibu dan Bapak – 1 Januari 2013

Sekitar 3-5 tahun lalu saat masih kuliah saya pernah sedikit merasa ‘malu’ atas kedekatan hubungan saya dengan ibu, apalagi saya seorang anak laki-laki, pikir saya saat itu. Namun sekarang, saya merasa bahwa rasa ‘malu’ saya dulu itu adalah hal terbodoh yang pernah saya lakukan sepanjang hidup saya. Mendapati Ibu yang penuh cinta kasih dan sehat sampai sekerang merupakan anugrah yang besar, banyak saudara-saudara kita yang ibunya telah tiada atau bahkan tak merasakan kasih sayang seorang ibu sepanjang hidupnya.

Memang paradigma yang ada di masyarakat kita bahwa seorang laki-laki yang dekat dengan Ibunya biasanya kurang mandiri, saya pastikan itu salah besar! setidaknya bila berkaca pada diri saya. Saya merasa cukup mandiri, sejak 7 tahun silam saya ibaratnya sudah tak tinggal dengan orang tua, hanya seminggu sekali pulang, dan 4 tahun kebelakang merasakan nikmatanya bekerja hingga kadang bisa memberikan sedikit rejeki lebih untuk Ibu dan juga nenek di rumah, saya pikir itu cukup untuk menjelaskan bahwa laki-laki yang sangat dekat dengan ibunya itu bisa mandiri!

Melihat ketulusan, kasih, sayang dan pengorbanan seorang Ibu tak ubahnya saya melihat sifat-sifat Tuhan yang termanifestasi dalam sosok Ibu, rasanya tak berlebihan bila saya menganggap Ibu selayaknya Tuhan. Salah satu cara mengenal Tuhan adalah dengan melihat dan mengagumi segala ciptaanya baik yang bernyawa dan tak bernyawa, bagi seorang anak sosok Ibu mungkin adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna. Kesempurnaan, sudah kita ketahui semua adalah mutlak menjadi milik Tuhan, dan secuil kesempurnaan dari Tuhan itu ada di level manusia, yaitu Ibu.

Ibu dan saya

Ibu dan saya saat wisuda TPQ

Setiap orang mempunyai metode kontrol moral yang beragam atas dirinya, sebagian orang selalu berkata, “Ingat Tuhan” setiap akan melakukan tindakan-tindakan negatif dan itu kadang terbukti ampuh mencegah perilaku negatifnya. Semantara itu, saya punya metode yang hampir sama, bisa ditebak, iyap betul sekali “Ingat Ibu” , itulah kata sakti ketika saya beberapa kali kepikiran untuk beperilaku curang atau tercela dalam hidup. Alhamdulillah, dengan mengingat Ibu saya bisa lebih terkontrol dalam berperilaku.

Ibu mana yang ikhlas putra-putrinya menjadi pribadi yang curang, Ibu mana yang ridho melihat putra-putrinya menjadi orang yang hanya menimbulkan kemudaratan bagi sesama atau sekitarnya. Melihat hal tersebut tentu akan indah dunia ini bila saya, anda atau kita selalu mengingat Ibu kita dalam berperilaku. Tatanan peradaban manusia yang baik untuk anak cucu kita kelak bukan lah jadi mimpi di siang bolong lagi saat kesaktian seorang Ibu disadari betul oleh semua orang. Sekali lagi, saya makin yakin bahwa Tuhan pun rela ketika kita melihat Ibu sebagai diriNya.

Kamu sesat amat yos, mana boleh menyerupakan Tuhan dengan apapun! iya, saya tahu di dalam Islam, kepercayaan yang saya anut, sebuah dosa besar ketika menyamakan Allah SWT dengan apapun. Ketika frase “Ibu selayaknya Tuhan” langsung ditelan mentah-mentah memang nampak seperti sebuah kesesatan. Di sini saya berpegang bahwa dalam agama yang saya anut, Ibu itu derajatnya sungguh tinggi, bahkan sangat tinggi di samping derajat seorang anak yatim. Menurut saya wajar, bila mendapati wanita yang begitu sempurna menjalankan perananya sebagai seorang Ibu, kemudian saya melihat sosok Tuhan ada pada dirinya.

Sampai detik ini, ketika tulisan ini saya tulis, saya masih berpandangan ada Tuhan di setiap apapun di semesta ini, aku, kamu, kita bahkan “string” materi pembentuk alam semesta di teori dawai yang terkenal itu ada Tuhan juga, karena semua hal di dunia ini berawal dari yang Satu (singular). Apakah maksud kamu kita semua adalah Tuhan, ngga gitu juga kali sob, ngga akan pernah ada yang bisa setara dengan Tuhan, namun ketika saya melihat Tuhan ada pada diri seseorang, ada pada gunung, ada pada bintang, lantas tak menjadikan orang, gunung dan bintang tersebut jadi Tuhan, hanya melihatnya sebagai manifestasi dari keagungan Tuhan, hingga saya mengenalnya selayaknya Tuhan, pun demikian saat saya melihat Ibu.

Dilahirkan dari rahim seorang wanita hebat, itulah yang menjadi alasan saya untuk selalu bersyukur sepanjang waktu, bahkan hal tersebut lah yang membuat saya kurang begitu tertarik lagi ihwal dosa-pahala atau surga dan neraka. Yang saya tahu dan saya kerjakan saat ini hanya memuji dan menjalankan ibadah kepada Dia sebagai wujud syukur tiada tara saya atas limpahan nikmat dan rahmatNya dalam bentuk seorang Ibu seperti Ibu saya saat ini. Selamat Hari Ibu, semoga Ibu saya, anda dan kita semua selalu diberikan nikmat sehat hingga bisa melihat kita para putra dan putrinya menjadi orang sukses kelak.

Yos Beda – 21/12/2013

Related Items

Advertisements

67 Comments

  1. D Sukmana Adi
    Dec 21, 2013 @ 15:33:15

    selamat hari ibu, semoga beliau diberikan nikmat dunia dan akherat amin, salam buat ibu mas bro

    Reply

    • Yos Beda
      Dec 21, 2013 @ 15:52:17

      Iya mas, amiinn..
      Makasih mas Sukmana..

      Reply

  2. Idris Syamsir
    Dec 21, 2013 @ 17:48:28

    Selamat hari ibu, I love my MOM :)

    Reply

    • Yos Beda
      Dec 21, 2013 @ 21:52:53

      iya mas Idris, selamat hari Ibu :)

      Reply

  3. kangbabas
    Dec 21, 2013 @ 19:18:02

    banyak sekali jasa yg diberikan oleh ibu kita. selamat hari ibu.

    Reply

    • Yos Beda
      Dec 21, 2013 @ 21:53:25

      Iya mas, banyak banget jasa Ibu pada kita, selamat hari ibu :)

      Reply

  4. mubarika
    Dec 21, 2013 @ 22:19:40

    Senang banget membaca artikel ini. Ayo luangkan waktumu untuk Ibunda tercinta ^_^

    Reply

    • Yos Beda
      Dec 22, 2013 @ 07:06:21

      Yya mbak Rika, makasih atas apresiasinya
      Saya setiap minggu pulang kerumah atas permintaan Ibu kok
      Sebelumnya berniat pulang ke rumah sebulan sekali

      Reply

  5. dedekusn
    Dec 22, 2013 @ 00:20:50

    Setuju Yos, bagi saya ibu adalah panutan, tokoh idola yang tak mungkin tergantikan. Berapapun yang kita beri untuknya takkan sebanding dengan dengan apa yang diberikannya kepada kita.
    Berharap kita terasuk orang yang bisa membahagiakan ibu. Semoga.

    Reply

    • Yos Beda
      Dec 22, 2013 @ 07:07:39

      Iya mas seperti say akatakan di postingan tersebut
      “bagi seorang anak sosok Ibu mungkin adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna, kesempurnaan yang sudah kita ketahui semua adalah mutlak menjadi milik Tuhan, dan secuil kesempurnaan dari Tuhan itu ada di level manusia, yaitu Ibu.”
      Semoga kita bisa mebahagiakan Ibu..

      Reply

  6. Ni Made Sri Andani
    Dec 22, 2013 @ 05:06:54

    wah..ibunya cantik banget Yos.. Semoga ibunda selalu sehat dan bahagia

    Reply

    • Yos Beda
      Dec 22, 2013 @ 07:08:29

      Iya mbak, mungkin terlihat muda, beliau melahirkan saya saaat usianya baru menginjak 16 tahun
      Amiinn, semoga Ibu kita sehat selalu..

      Reply

  7. arip
    Dec 22, 2013 @ 10:14:46

    Ya, Allah sendiri yg ngasih derajat mulia buat ibu. Ibu itu kalau boleh dibilang wakil Tuhan di dunia.

    Reply

    • Yos Beda
      Dec 22, 2013 @ 11:47:45

      Iya mas, itu salah satu alasan saya kenapa begitu mencintai Islam, agama saya, begitu memuliakan derajat seorang Ibu di samping mereka para anak yatim.

      Reply

  8. Hyu
    Dec 22, 2013 @ 11:06:39

    wah jadi inget ibu yang jauh disana.. semoga semua para Ibu didunia diberikan kesehatan… dan tetap bisa tersenyum walau anaknya bandel sekali ..

    btw mas yos ganteng juga waktu kecil .. hehe

    Reply

    • Yos Beda
      Dec 22, 2013 @ 11:48:49

      Iya mas, semoga ibu mas Hyu yang jauh disana bangga dengan mas Hyu sekarang ya :)

      Reply

  9. yoszca
    Dec 22, 2013 @ 13:44:42

    salam hormat buat Ibumu dan juga buat semua Ibu-Ibu di dunia ini.. dan saya sangat senang dengan kutipan kata di paragraf terakhir “Dilahirkan dari rahim seorang wanita hebat”.. ini menandakan betapa hormatnya seorang Yos Beda terhadap ibu.. salam

    Reply

    • Yos Beda
      Dec 22, 2013 @ 21:08:10

      Iya mas, Ibu di mata saya lebih dari apapun bahkan lebih berharga dari diri saya sendiri, semoga beliau sehat selalu dan bisa melihat saya makin sukses, amiinn

      Reply

  10. jarwadi
    Dec 22, 2013 @ 13:54:40

    aku suka semua makanan di rumah, masakan dari ibuk, karena enak, costumized, gratis dan ngga pakai lama, hehe

    Reply

    • Yos Beda
      Dec 22, 2013 @ 21:10:16

      iya mas, masakan Ibu emang juara, ada hal unik soal masakan ibu saya, di mana masakan ibu cenderung bumbunya berani, hingga standar asin masakan di rumah beda dengan masakan kebanyakan, alhasil saat makan di luar biasanya saya selalu minta garam lebih, karena lidah saya sudah terbiasa dengan standar asin dari masakan Ibu di rumah, hehehe

      Reply

  11. kang haris
    Dec 22, 2013 @ 14:54:33

    Selamat hari Ibu
    Slaut denganmu yang begitu menyayangi Ibu :)

    Reply

    • Yos Beda
      Dec 22, 2013 @ 21:10:54

      Iya mas makasih, selamat hari Ibu juga mas haris :)

      Reply

  12. Kisah Foto
    Dec 22, 2013 @ 16:32:39

    Selamat hari ibu :)
    Betapa beratnya perjuangan untuk menjadi seorang ibu… Tak akan sanggup kita membalas jasa ibu :)

    Reply

    • Yos Beda
      Dec 22, 2013 @ 21:11:23

      Iya sangat sepakat, perjuangan Ibu memang tak ada tandingannya.

      Reply

  13. ndop
    Dec 22, 2013 @ 23:02:03

    Ibunya cantik ya. Tapi ibukku lebih cantik ya.. Sori ya haha..

    Tulisanmu apik iki.. rodok konreoversial hahaha

    Reply

    • Yos Beda
      Dec 23, 2013 @ 09:14:10

      Iya mas sepakat kok, bagi setiap anak, Ibu adalah wanita tercantik yang ada di dunia, hehe..
      Iya mas kontroversial banget tulisanku kali ini, sampai yang ta share di FB aja jadi diskusi super panjang, hehehe

      Reply

  14. santy
    Dec 23, 2013 @ 09:37:06

    ibu adalah segalanya… :)

    Reply

    • Yos Beda
      Dec 23, 2013 @ 13:40:47

      iya sepakat, malah lebih dari segalanya :)

      Reply

  15. farizalfa
    Dec 24, 2013 @ 07:05:53

    selamat hari Ibu mas.. semoga para Ibu-ibu mulia diberikan nikmat di dua dunia. :)

    Reply

    • Yos Beda
      Dec 24, 2013 @ 09:03:07

      iya mas.. amiinn, semoga ibu kita selalu terjaga nikmatnya baik di Dunia maupun di Akhirat kelak, dan sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu mendoakan beliau :)

      Reply

  16. Ongki
    Dec 24, 2013 @ 20:44:23

    Selamat hari Ibu mas Yos, semoga Ibu kita dan semua bloger selalu sehat selalu :-)

    Reply

  17. Supplier X Banner
    Dec 26, 2013 @ 16:39:36

    selamat hari ibu maaf telat ngucapinyaa. dari judulnnya sangat menyentuh kangg.. ibu segalanya pokonya

    Reply

  18. Hanif Mahaldi
    Dec 27, 2013 @ 15:05:49

    cepet2 telpon emak… :'(

    Reply

  19. Aryo Seno
    Dec 28, 2013 @ 09:38:19

    ngomongin seorang ibu memang tidak akan ada habisnya, seperti cintanya kepada anaknya

    Reply

  20. cumilebay.com
    Dec 29, 2013 @ 13:07:59

    Ah jadi kangen nyokap di kampung, Love u mom semoga selalu sehat dan panjang umur :-)
    Jasa perjuangan kebaikan kasih sayang ibu ngak akan perna bisa di gantikan oleh siapapun,

    Reply

  21. m-amin
    Dec 29, 2013 @ 21:53:27

    Alhamdulillah bagi yang memiliki kesan – ibu adalah yang terbaik dalam kasih sayang. Akan tetapi ada juga yang memiliki persepsi kalau ibu kandung sendiri terkesan pilih kasih terhadap saudara2 nya. Tapi meskipun demikian kita tetap harus selalu berbuat baik pada ibu. Surga ada berada di kaki ibu, ingat itu…

    Reply

  22. Fajar
    Jan 01, 2014 @ 16:27:30

    Lupa kmrn hari ibu :(

    Reply

  23. Akbar Alatas
    Jan 03, 2014 @ 08:54:46

    Ibu memang sosok yang luar biasa,beruntung brow masi ada ibu . .maka pintu surga masi terbuka dengan berbakti kepadanya

    Reply

  24. isnuansa
    Jan 04, 2014 @ 13:25:00

    Ibukmu jik enum yo Yos.. Jik penak mengko nek nduwe putu, kuat nggendong mrono-mrene. #kodeiki

    Reply

  25. duniaely
    Jan 05, 2014 @ 23:48:20

    beruntung msh didampingi ibu :)

    Reply

  26. Butik Blouse Muslimah
    Jan 08, 2014 @ 13:09:29

    Semalam saya ada terdengar sembang2 pasal hal nie kat kedai kopi…
    hampir2 saya salah faham… tapi artikel awak dah jelaskan hal nie…
    tq atas maklumat …

    Reply

  27. hlga
    Jan 09, 2014 @ 21:28:04

    judulnya kok gitu ya hehehe
    kebayang ternyata ibu mas yos masih muda ya..
    cuma kalo ngomongin ibu yang paling saya inget cuma kasih sayang dan masakannya

    huehehehe

    Reply

  28. Muhammad Zaki
    Jan 09, 2014 @ 23:19:17

    Baca tulisan bang yos jadi ingin nulis tentang Ibu :)
    Terima kasih tulisannya bangyos. he

    Reply

  29. Abed Nego
    Jan 19, 2014 @ 00:31:04

    Sosok ibu dan ayah menjadi inpirasi kita dalam hidup saya berdoa buat ibu dan bapak kita semua selalu sehat dan panjang umur,sangat senang rasanya bisa melihat senyuman semangat dari mereka berdua :)

    Reply

  30. Rahasia Cantik dan Ganteng Orang Asia
    Jan 19, 2014 @ 20:18:46

    Ibu,sungguh perjuangan dan jasamu kepada kami sungguh besar,semoga tuhan selalu memberikan yang terbaik untukmu sebagai balasan telah merawat dan melindungi kami

    Reply

  31. Dealova Uniforms
    Jan 26, 2014 @ 07:20:24

    Salam kenal mas, posting yang yang menarik dan menyentuh hati… Thanks

    Reply

  32. baju muslim anak perempuan
    Jan 26, 2014 @ 11:59:45

    “muliakan ibumu” kata Tuhan puan seperti itu :)

    Reply

  33. Sunandar
    Feb 06, 2014 @ 13:12:40

    menyentuh banget :) keluarga yg harmonis :)

    mampir ya mas http://nandarious.com/

    Reply

  34. jam tangan original
    Feb 07, 2014 @ 23:53:01

    artikel artikelnya menarik, terus berkarya, dan salam sukses ya :)

    Reply

  35. Toko Bunga
    Feb 11, 2014 @ 23:41:30

    Coretan sangat menyentuh kalbu, salam kenal ya dan sukses selalu

    Reply

  36. zainal
    Feb 12, 2014 @ 16:38:55

    blognya memang benar2 beda…
    tulisan dan artikelnya menarik sekali.. padahal beberapa artikel saja saya membaca..

    Bicara soal ibu…bahwa kehidupan seseorang tak pernah lepas dari peran dan keberadaan seorang wanita pengasih bernama ibu..mungkn itulah sebabnya ada pepatah mengatakan “surga anak ada ditelapak kaki ibu…

    salam kenal dari Sintang.

    Reply

  37. indera
    Feb 25, 2014 @ 17:30:59

    artikel yang sangat menyentuh .

    Reply

    • Bimbel online
      Apr 17, 2014 @ 09:59:50

      ridhonya orang tua itu ridhonya allah :)
      terimakasih postingannya .

      Reply

  38. indera
    Feb 26, 2014 @ 10:04:06

    ijin membaca, artikel yang sangat sangat bagus,

    Reply

  39. obat asam urat
    Mar 02, 2014 @ 21:57:17

    salam kenal kak

    Reply

  40. Obat nyeri sendi
    Mar 07, 2014 @ 07:26:48

    terima kasih atas informasinya

    Reply

  41. obat darah tinggi
    Mar 19, 2014 @ 08:31:56

    terima kasih atas informasinya..

    Reply

  42. bimbingan belajar
    Apr 25, 2014 @ 17:56:27

    infonya menarik sekali ya

    Reply

  43. bimbel online
    May 08, 2014 @ 16:17:24

    we love mom :*

    Reply

  44. Mebel Minimalis
    May 13, 2014 @ 01:21:27

    Keren mas, salam kenalnya buat masnya

    Reply

  45. Informasi Berita Terbaru
    May 21, 2014 @ 11:46:14

    sangat memberikan inspirasi artikelnya,…. sukses selalu buat adminya

    Reply

  46. Harga Hp Android
    May 26, 2014 @ 11:10:59

    Ibu ialah wakil tuhan… selalu menyayangi ibu sampai kapanpun…

    Reply

  47. Harga Hp Android
    Jun 02, 2014 @ 03:21:59

    makasih atas infonya bang admin… salam kenal

    Reply

  48. Desain Rumah Minimalis
    Jul 06, 2014 @ 04:29:14

    sangat menginspirasi mas, terimakasih ya mas atas informasinya

    Reply

    • Yos Beda
      Jul 06, 2014 @ 10:38:19

      Makasih mas telah menyempatkan membaca :)

      Reply

  49. Nugik
    Oct 10, 2014 @ 15:19:38

    mom is my hero…
    nice posting…

    Reply

  50. Ahmed Tsar
    Nov 14, 2014 @ 10:29:36

    yup, ibu bagai Tuhan, itulah ujian sesunggunya anak, saya setuju..

    Alasannya, ketika anak kecil, melihat sosok ibu itu sempurna sebagi pengush dan segalanya. ketika anak semakin dewas, seringkali anak melihat ibu bukan lagi sempurna tapi apa adanya yg manusiawi punya salah juga, disnilah ujian apakah masih menganggap Ibu itu bagai Tuhan yang terus dihormati, disyukuri dan memberi berkah

    Reply

Leave a Reply

*