Advertisements

You are here: Home > Perspektif > Tentang Penyiraman Air Jubir FPI Munarman Ke Thamrin Tomagola

Tentang Penyiraman Air Jubir FPI Munarman Ke Thamrin Tomagola

Penyiraman Air Jubir FPI Munarman Ke Thamrin Tomagola

Penyiraman Air Jubir FPI Munarman Ke Thamrin Tomagola

Pagi ini saya sedikit dikejutkan dengan kejadian memprihatinakan yang terjadi pada acara Apa Kabar Indonesia Pagi yang tayang di TV One Jumat (28/6/2013). Munarman, Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI) menyiram secangkir air kepada pengamat sosial, Tamrin Amal Tomagola. Acara tersebut sedianya membahas pelarangan sweeping di tempat hiburan malam selama bulan Ramadan tahun ini, sayang acara tersebut malah menjadi ajang pertunjukan sebuah perbuatan yang membuat hati saya miris, sungguh tak pantas dipertontonkan di sebuah stasiun televisi nasioanal.

Apa Kabar Indonesia Pagi adalah sebuah Talkshow, Sependek yang saya tahu Talkshow sendiri adalah sebuah program televisi atau radio yang mempertemukan seseorang atau grup untuk mendiskusikan suatu topik dengan suasana santai tapi serius dan dipandau oleh satu atau dua orang moderator. Pagi tadi Munarman sepertinya kurang memahami apa itu Talkshow hingga dia berlaku seperti itu, menyerang lawan diskusinya secara fisik dan ditonton ribuan pemirsa televisi seIndonesia, sebuah tindakan atau mungkin kekhilafan yang sangat disayangkan.

Jujur saya sendiri juga tak begitu respek dengan sepak terjang Prof. Tamrin selama ini tapi apa yang dilakukan Munarman tadi pagi jelas-jelas salah di mata saya, terlebih yang diserang munarman tadi pagi adalah orang tua, orang tua boss!! Prof. Tamrin telah berusia 66 tahun sementara Munarman sendiri baru menginjak usia 44 tahun. Di budaya timur, berbicara kepada orang yang lebih tua dengan nada yang keras saja sudah merupakan perbuatan yang tercela apalagi sampai menyerang fisiknya, seperti yang dilakukan Munarman tadi pagi.

Kamu anti FPI ya yos, kok kelihatanya benci sekali dengan Munarman, No Sir!! saya tak anti FPI saya juga tidak benci dengan Munarman. bahkan ketika beberapa waktu lalu ada gerakan Indonesia Tanpa FPI yang dipelopori oleh saudara-saudara muslim yang perfaham sedikit liberal saya termasuk yang tidak mendukung gerakan tersebut. Sebagai seorang muslim saya senang ada saudara-saudara muslim saya yang begitu mencintai agamanya hingga mendirikan sebuah organisasai massa untuk “membela” agama Islam, walau kata “membela” ini sedikit absurd.

Kembali lagi ke Soal Munarman, akan sangat bijak bila Munarman berbesar hati menemui Prof. Tamrin untuk meminta maaf. TV One saja lewat akun twitter @akipagi_tvone menyampaikan permintaan maaf lho, “Segenap crew apa kabar Indonesia memohon maaf kepada pemirsa atas kejadian tidak terduga yang baru saja terjadi”. kenapa TV One meminta maaf?  karena mereka menyadari bahwa persitiwa yang terjadi tadi pagi tergolong bukan peristiwa biasa melainkan suatu hal yang masuk kategori memalukan dan memprihatinkan.

Sementara itu lewat akun tewitternya @tamrintomagola merespon kejadian tersebut dengan pernyataan “Biarkan publik yg menilai n beri hukuman sosial yg setimpal. Sy tdk mau melayani preman.” ayoo bung Munarman minta maaf saja lah, saya percaya anda bukan lah preman. sedikit banyak apa yang anda lakukan pagi tadi akan mempngaruhi citra Islam, ayo tunjukan bahwa seorang muslim itu berjiwa besar, berani minta maaf bila khilaf melakukan kesalahan.

Paska kejadian ini saya yakin akan bertambah jumlah orang yang ngga respek terhadap FPI. Hari-hari kedepan akan banyak yang berfikir bahwa perilaku FPI itu tercermin dari tindakan tercela Munarman tadi pagi walau kenyataan yang saya yakini tak seperti itu, banyak aksi-aksi positif yang juga dilakukan FPI yang jauh dari kesan kekerasan.

Yos Beda – 28/4/2013

Related Items

Advertisements

50 Comments

  1. airyz
    Jun 28, 2013 @ 14:13:02

    jan. jan.
    Indonesia..

    Reply

  2. Ndop
    Jun 28, 2013 @ 14:19:58

    Aku nyesek ndelok videone. Semoga kakak Thamrin diberi kesabaran ekstra setelah peristiwa ini. Dan semoga kakak Munarman segera minta maaf. Jangan hiraukan kata kata bosmu ya kakak Munarman, yg bilang tindakanmu itu indakan tegas. It’s a big No!!! Bukan tegas itu namanya. Tapi tidak sopan dan tidak mencerminkan budaya Indonesia sama sekali..

    Reply

    • Yos Beda
      Jun 28, 2013 @ 14:59:54

      iya mas, sepakat inti dari tulisan saya kali ini sebetulnya adalah soal kesopanan dan kepatutan menghadapi orang yang lebih tua.

      Reply

  3. Eswahyudi Kurniawan
    Jun 28, 2013 @ 14:56:16

    Lebih menyakitkan lagi jika ISLAM selalu dipojok-pojokan,, dijelek2an oleh Thamrin. Kalau sedang ada yg ngomong, didengerin, bukan dipotong2 dan selalu mengalihkan topik pembicaraan. Yaa ky gt orang Liberal!!! Orang Atheis.

    Ok, talkshow, tp tidak sepantasnya juga Thamrin nuding2 dng tangan kiri ke muka Munarman.

    Reply

    • Yos Beda
      Jun 28, 2013 @ 15:06:59

      Untuk komentar saudaraku ini mungkin akan saya jawab dengan pertanyaan juga, hehehe

      1. Kenapa dihubungkan dengan Orang Atheis brow? apakah saudara muslim kita yang berfaham liberal itu selalu Atheis? apakah semua orang Atheis itu selalu buruk?
      2. Apakah pantas sebuah tuding-tudingan tangan kiri Thamrin dibalas dengan SIRAMAN AIR KE MUKA? apakah pantas seorang muda berperilaku seperti itu kepada orang tua?

      FYI lihat di paragraf tiga ya brow soal sikap saya terhadap Prof Thamrin, saya kutipkan disini lagi deh

      “Jujur saya sendiri juga tak begitu respek dengan sepak terjang Prof. Tamrin selama ini tapi apa yang dilakukan Munarman tadi pagi jelas-jelas salah di mata saya, terlebih yang diserang munarman tadi pagi adalah orang tua, orang tua boss!! Prof. Tamrin telah berusia 66 tahun sementara Munarman sendiri baru menginjak usia 44 tahun. Di budaya timur, berbicara kepada orang yang lebih tua dengan nada yang keras saja sudah merupakan perbuatan yang tercela apalagi sampai menyerang fisiknya, seperti yang dilakukan Munarman tadi pagi.”

      Reply

      • kemas
        Jun 30, 2013 @ 20:31:16

        maaf..komen loe cetek dan keliatan goblok. maaf ya?

        Reply

    • whizisme
      Jun 28, 2013 @ 18:42:41

      Sebenarnya orang atheis itu juga baik..karena jug amengenal Tuhan walau dengan Seks. (Oh..Ys..Oh No! OH GOD!)

      Semoga lebih panas di mata hukum :)

      Reply

  4. Pardicukup
    Jun 28, 2013 @ 15:23:05

    sungguh ironis… sepak terjang calon-calon pemimpin masa kini yang seperti hanya mencari sensasi atau popularitas.

    Reply

    • Yos Beda
      Jun 28, 2013 @ 15:42:04

      Iya mas memang ironis, namun tetap optimis saja..
      eh ngomong2 artikel saya tidak berbicara soal sensasi dan popularitas lho :D

      Reply

  5. echaimutenan
    Jun 28, 2013 @ 15:24:00

    aku mending nungggu meme kejadian tadi aahhh..pasti banyak :D

    Reply

    • Yos Beda
      Jun 28, 2013 @ 15:43:36

      sama nungguin videonya mas Eka Gustiwana yang sering mainin speech composing menjadi sebuah lagu yang menarik :D

      Reply

  6. andri
    Jun 28, 2013 @ 15:30:55

    Sebenarnya agamanya prof tamrim ini apa sih? Ane cari profilnya di google kagak ada.

    Reply

    • Yos Beda
      Jun 28, 2013 @ 15:44:53

      sependek yang saya tau dia seorang yang tidak pernah mengumbar agamanya yang dianutnya ke publik mas, dan hal itulah mungkin yang membuat dia diberitakan adalah seorang atheis, entah benar atau tidak

      Reply

  7. iskandaria
    Jun 28, 2013 @ 16:12:20

    Saya barusan liat video rekaman acaranya sejak 2 menit sebelum insiden. Dua-duanya salah menurut saya. Yang satu memotong pembicaraan dengan nada membentak. Yang satu lagi terpancing emosi dan lebih tidak sopan lagi. Btw, saya sendiri sebenarnya suka dengan pandangan-pandangan Prof. Thamrin Tomagola selama ini. Menurut saya beliau cukup bijaksana.

    Tapi soal sepak terjangnya, saya kurang begitu mengikuti sih.

    Reply

  8. kickymaulana
    Jun 28, 2013 @ 16:50:42

    masak iya sih mas di depan tivi di depan masyarakat indonesia yang lagi nonton perlakukan itu dilakukan? kok saya gak tau mas?

    Reply

    • Yos Beda
      Jun 28, 2013 @ 19:50:31

      iya bener, insiden ini terjadi live di acara AKI Pagi.. itulah salah satu faktor yang membuat insiden ini sangat memprihatinkan :'(

      Reply

  9. ferry
    Jun 28, 2013 @ 18:16:11

    menurut saya kejadian tadi pagi itu bagus biar orang selevel prof juga harus tau cara beridalog yang benar jangan main potong aja tidak semua orang dapat merespon baik ketika dipotong pembicaraannya itu yg harus dipahami ketika akan

    Reply

    • Yos Beda
      Jun 28, 2013 @ 19:51:59

      ketika suatu diskusi sudah mengarah pada kekerasan fisik, apapun alasanya saya rasa itu tidak bisa dibenarkan mas, terlebih kekerasan yang dilakukan terhadap orang yang lebih tua :'(

      Reply

  10. Imam
    Jun 29, 2013 @ 01:04:45

    waduhhh gawat kali bah..hehe

    Reply

  11. Yusron Krista
    Jun 29, 2013 @ 01:11:30

    haduh sayang saya gak ngliat secara langsung.
    kalau debat sampai bertingkah seperti itu pasti emosinya sudah meledak-ledak dan gak tertahan. itu faktor orangnya kan ya mas yos :/ gak mampu ngontrol diri

    Reply

    • Yos Beda
      Jun 29, 2013 @ 09:35:37

      iya orang kalau lagi gelap mata kadang bisa bertindak diluar nalar :(

      Reply

  12. Alid Abdul
    Jun 29, 2013 @ 09:29:47

    coba yg disuguhkan kopi ato softdrink pasti gak disiramin ke om tamrin, soalnya diminum habis sm munarman haha…

    duh asli kaget bin memalukan >__<

    Reply

    • Yos Beda
      Jun 29, 2013 @ 09:35:59

      iya mas Alid, sangat memalukan dan memprihatinkan :(

      Reply

  13. Aryo Seno
    Jun 29, 2013 @ 13:11:31

    Makin keliatan aja gimana tuh FPI

    Reply

  14. Ilusi Dot Net
    Jun 29, 2013 @ 13:12:37

    Dengan gitu dia bakal bikin malu dirinya sendiri di depan publik

    Reply

    • Yos Beda
      Jul 01, 2013 @ 09:05:28

      iya mas, tindakan Munarman tak ubahnya menghinakan dirinya sendiri, terlepas siapa yang benar dan yang salah dalam etika berdebatnya.

      Reply

  15. 21INCHS
    Jun 29, 2013 @ 13:29:07

    Oh iya ya, bakalan bisa merusak citra FPI juga yg ini kejadian. Dan akan berbanding lurus juga dgn citra agama Islam secara keseluruhan. Walaupun Islam tidak bisa juga direpresentasikan oleh FPI saja, akan tetapi Munarman membawa-bawa nama sebagai juru bicara FPI..

    Akan tetapi marilah kita tetap mendukung FPI, kita ingatkan FPI utk mencontoh tauladan umat Islam; nabi Muhammad saw dlm berdiskusi..

    Reply

  16. yayang
    Jun 29, 2013 @ 13:35:39

    aduh udah tua kok gak bisa kontrol emosi , malu dong dengan status pengamat islam , malu maluin agama saja , pedahalkan islam melarang hal seperti itu

    Reply

  17. fay
    Jun 29, 2013 @ 17:06:35

    yg saya sesali kejadian dpan kmera tv, mungkin munarman melihat udah terlalu panas mau terbakar si tua thamrin jd disiramnya, tp klu bukan dpn tv bagusnya org tersebut dimandikan air comberan aja, krn udah diluar batas kewajaran komentarnya

    Reply

  18. @bangsaid
    Jun 30, 2013 @ 10:36:53

    Mungkin popularitas Munarmin akhir2 ini meredup sehingga terpancing emosi dan akhirnya : jadi “NGETOP” lagi :))

    Reply

  19. tuyul
    Jul 01, 2013 @ 01:48:38

    WOW!! Islami sekali tindakannya.. wkwkwk.. sudah diajarkan kalo memang harus kasar menghadapi org kafir seperti thamrin. wkwkwk…slam slam lemott.. wkwkwk

    Reply

  20. arif
    Jul 02, 2013 @ 05:20:48

    sungguh emosional, sikap mencerminkan sifat asli

    Reply

  21. sitirobiah2013
    Jul 02, 2013 @ 12:38:24

    stop jangan berdebat

    Reply

  22. sopiah
    Jul 02, 2013 @ 12:44:14

    bahaya banget tuhh

    Reply

  23. sitirobiah
    Jul 02, 2013 @ 12:45:04

    jangan memalukan rakyat lah

    Reply

  24. Heru Piss
    Jul 04, 2013 @ 16:19:37

    Padahal Islam kan cinta damai,, beginilah kalo fanatik berlebihan, sehingga dgn mudahnya melampiaskan amarah. Kalo pengen dilanjut ya haruse diluar studio kan malah gayeng gak ada yang tahu,,, embuhlah koq orang indonesia sekarang galak galak ya..???

    Reply

  25. Nella
    Jul 05, 2013 @ 02:57:46

    Apaun alasannya, sebagai orang timur seharusnya Munarman menghormati yang lebih tua, apalagi acaranya ditonton se Indonesia, bikin malu fpi sendiri.

    Reply

  26. Zizy Damanik
    Jul 07, 2013 @ 20:12:34

    Itulah. Kalau nanti dibilang orang gak pernah sekolah, marah… Tapi memang tak tahu adat. Sama oranf tua kayak gitu, sama saja dengan durhaka dia.

    Reply

  27. yadi
    Jul 08, 2013 @ 10:53:00

    Makin keliatan aja gimana tuh FPI

    Reply

  28. D Sukmana Adi
    Jul 16, 2013 @ 11:20:30

    durhaka tuh sama orang tua, emosinya lepas kendali :D

    Reply

  29. bocah
    Jul 22, 2013 @ 03:08:32

    cara diskusi yg tidak sehat dan kurang bijaksana

    Reply

  30. Made Wirautama
    Jul 23, 2013 @ 13:36:42

    Khusus tentang kejadian penyiraman itu, saya merasa bagaimanapun dan dari sudut pandang manapun jelas Munarman tidak seharusnya melakukan itu. Tindakan ini sama sekali tidak sopan dan kasar.

    Yang lebih parah lagi, setelah kejadian justru tidak ada penyesalan atau permintaan maaf dari Munarman. Dia justru seperti terlihat puas dan balik menantang.

    Saya benar-benar tidak paham dengan pikiran Munarman ini, seperti tidak punya perasaan sama sekali. Saya membayangkan bagaimana jika orang tua atau kerabat saya yang diperlakukan seperti itu di depan semua orang dan bahkan disiarkan live.

    Entahlah..

    Reply

  31. Ferry aryanto
    Aug 04, 2013 @ 01:43:13

    Tidak tau arti diskusi ya??

    Reply

  32. catharina
    Aug 13, 2013 @ 11:52:48

    Beberapa dr komen diatas pun kok tidak mencerminkan ketimuran ya, miris membaca komen2 anak muda jman sekrg, dr kejadian di tv one dan bbrp komen diatas menggambarkan budi pekerti yg kini sudah mulai luntur, sedih rasanya… kembali saja pd inti setiap agama, menghormati, toleransi, itulah cermin budaya bangsa yg dinodai apalgi berlindung di balik agama seindah islam…

    Reply

  33. Aries
    Aug 19, 2013 @ 10:20:02

    Walaaahhh….. Kok para atasan pada kaya gti ya,,,
    mau dibawa kemana Indonesia..
    hadeeehh…
    Di tunggu kunjungan balik nya om.. :D
    bangaries.BLOGdetik.com
    bangaries.blogspot.com

    Reply

  34. Intan Rastini
    Nov 09, 2013 @ 10:39:03

    yang menarik dari artikel mas yos: arti kata “membela” yang absurd…
    kalo boleh saya kasi pendapat… membela kan berarti ada yang teraniaya :)

    Reply

  35. jaidi
    Nov 18, 2013 @ 01:00:01

    wahahaha… munarman koplak…orang koplak jadi pengacara

    Reply

Leave a Reply

*