YOSBEDA.COM » Musik » Lagu » Terhanyut Dalam Lagu ‘Apa Yang Kan Kau Buat’ Adon Base Jam

Terhanyut Dalam Lagu ‘Apa Yang Kan Kau Buat’ Adon Base Jam

Written by on |
Adon Base Jam Restoration

Adon Base Jam / benih.com

Sudah menjadi kebiasaan yang tidak dapat saya tinggalkan bahwa ketika bekerja saya harus ditemani oleh lantunan nada-nada indah dari sebuah lagu, untuk saya pribadi sebuah lagu mempunyai kekuatan tersembunyi untuk bisa mempengaruhi mood (psikis) bahkan fisik kita, seperti lagu yang baru saja dapati tadi siang yang berhasil membuat saya terhanyut, yaitu lagunya Adon Saptowo yang berjudul Apa yang kau buat, sebenarnya lagu ini termasuk lagu rohani umat kristiani, sebagai muslim saya tak malu untuk mengakui bahwa lagu ini benar-benar bagus.

Cerita berawal ketika tadi siang saya memutar playlist lagu-lagu lawas dari band T-Five , mendengar beberapa lagu T-Five terutama suara mlengking vokal sopran Paul Arnold sang vokalis T-Five, mendadak membuat saya teringat dengan vokalis tanah air yang mempunyai warna suara sejenis, yaitu Adon sang vokalis band Base Jam. Saya pun langsung mencoba mencari apa kabar penyanyi kelahiran 17 Maret 1973 ini via “simbah Google” saya kemudian dituntun simbah ke link video di Channel Youtube Adon, kemudian saya mendengarkan lagu di playlist teratas Channel tersebut.

Mata dan telinga saya pun tertuju penuh ke video clip dengan judul “Apa Yang kau Buat” Ini, agak kaget saja mendengar suara Adon yang menurut telinga saya siang tadi agak sedikit berbeda dari suara Adon yang pernah saya dengar terdahulu. ketika lagu ini memasuki bagian reffnya tanpa sadar saya terhanyut dan mata-saya berkaca-kaca hampir menitihkan air mata, suatu hal yang luar biasa mengingat saya baru pertama kali mendengarnya dan saya juga tak begitu konsentrai terhadap liriknya, melodi nadanya sungguh mengharukan, seperti bisa berbicara tanpa syair.

Kelar saya mendengarkan lagu ini saya baru menyadari bahwa lagu ini ternyata adalah lagu rohani umat Kristiani, yaa.. saya sebagai seorang muslim jujur kagum pada kemampuan kawan-kawan dari umat kristiani dalam menciptakan sebuah karya musik/lagu. Sungguh bisa membawa saya merasuk ke dalam lagu tersebut, setidaknya hal ini bisa menjelaskan keyakinan saya bahwa sebuah melodi atau notasi nada tertentu bisa mempengaruhi alam bawah sadar pendengarnya, dikombinasikan dengan syair penuh cinta kasih  serta visualisasi video clip yang pas bisa menghasilkan karya yang sanggup menghipnotis.

Sebenarnya ini bukan kali pertama saya begitu menikmati lagu rohani dari kawan-kawan kristiani, sebelumnya pada akhir tahun lalu saya juga mendadak begitu suka dengan lagu lawas “Amazing Grace” hingga saya mendownload banyak sekali versi dari lagu ini dan begitu kecanduan dengan versi Amazing Grace’nya Chris Tomlin. Tadi siang kedua kalinya saya jatuh cinta dengan sebuah lagu rohani Kristiani, seperti saya bilang di paragraf sebelumnya, yang membuat lagu ini menarik di mata saya karena melodi di reffnya yang bisa menghanyutkan saya, pinter nih yang nyiptain.

Cukup menarik juga ketika saya terhanyut mendengarkan lagu berjudul “Apa Yang kau Buat” ini saat saya sedang menjalankan ibadah Puasa Ramadan 1434 H, ibadah wajib bagi setiap muslim yang baligh (dewasa), berakal, dalam keadaan sehat, dan dalam keadaan mukim (tidak melakukan safar/perjalanan jauh). Sungguh indah ketika karya dari saudara sebangsa yang kebetulan berbeda keyakinan dengan saya ini bisa membuat saya nyaman, saya juga berharap soudara-saudara muslim saya bisa membuat saudara sebangsanya yang beda keyakinan merasa nyaman juga.

Sependek yang saya ketahui dari kepercayaan saya, Agama Islam juga mengajarkan untuk mengasihi dan menyayangi sesamanya, banyak pula saya temui saudara-saudara muslim saya yang begitu dipenuhi dengan cinta kasih juga dalam hatinya. Semoga mereka saudara-saudara muslim saya yang saat ini mungkin hatinya masih ada secuil kebencian terhadap sesama manusia bisa segera menjadi pribadi tanpa kebencian sebagaimana yang Sang Nabi cita-citakan. Terakhir, semoga saya segera bisa juga mendapati seniman-seniman muslim hadir dengan karya-karya yang bisa menghanyutkan saya, hehe..

Yos Beda – 10/7/2013

Related Items

32 Comments

  1. Alid Abdul
    Jul 10, 2013 @ 21:58:46

    Adon? artis mana tuh?? hehe baru denger, lagian sy emang kurang update lagu2 indonesia, tahunya lagu india haha

    Reply

    • Yos Beda
      Jul 10, 2013 @ 22:05:24

      vokalinya band Base Jam mas Alid, salah satu band legendaris tanah air lho.. 🙂

      Reply

      • giewahyudi
        Jul 11, 2013 @ 16:19:14

        Si Alid ini dulunya ndeso, mosok Adon ga tau. *dikapak*

        Reply

  2. kickymaulana
    Jul 10, 2013 @ 22:56:53

    anaknya siapa tuh mas? hehe

    Reply

    • Yos Beda
      Jul 11, 2013 @ 11:26:40

      saya malah kurang tau mas, tapi sepertinya ada keteranganya deh, siapa saja pemeran di video clip ini:)

      Reply

  3. ramadoni
    Jul 11, 2013 @ 10:04:34

    wuohh si Adon sudah balik ke belantika musik Indonesia lagi rupanya…
    salam kenal mas Yos… themes blognya keren, ajarin donk ngoprek themes biar jadi keren gini #sungkem 😀

    Reply

    • Yos Beda
      Jul 11, 2013 @ 11:28:01

      iya mas, jadi kangen jaman-jaman SD dulu waktu BaseJam lagi tenar2nya di blantika musik tanah air 🙂

      Reply

  4. miko
    Jul 11, 2013 @ 10:47:00

    habis gugling
    ternyata adon si suara melengking itu
    nyari lagunya kok ga nemu2 ya :'(

    Reply

    • Yos Beda
      Jul 11, 2013 @ 11:29:02

      Banyak kok mas lagunya, cari aja lagu2nya band base jam, kan yang nyanyi juga Adon ma Sigit.. dua vokalisnya band itu 🙂

      Reply

  5. achmad sholeh
    Jul 11, 2013 @ 12:57:10

    seni itu universal mas, jadi tanpa sekat ruang dan waktu

    Reply

    • Yos Beda
      Jul 11, 2013 @ 13:20:57

      iya mas sepakat, seni bahkan bisa menembus batas perbedaan 🙂

      Reply

  6. Heru Piss
    Jul 11, 2013 @ 13:18:53

    Yah kalo hanya sekedar mengagumi karya beda agama sich gak masalah mas, wajar saja kalo menurut saya sich,, Adon gak asing dengan Base Jampnya, apalagi adik kelas saya dulu ada yang agak mirip dengan hidungnya agak melebar dan rambut belah tengah agak panjang,, heheee

    Reply

    • Yos Beda
      Jul 11, 2013 @ 13:22:01

      iya mas, saya juga sependapat dengan mas Heru..

      Reply

  7. giewahyudi
    Jul 11, 2013 @ 16:20:25

    Duh Adon ini idolaku saat awal-awal Basejam ngetrend sebelum ada Jikustik dan S07. Kadang kebaikan memang tidak mengenal agama, Mas. Jangan menutup telinga karena satu sisi saja..

    Reply

    • Yos Beda
      Jul 12, 2013 @ 09:06:51

      iya mas gie, ngga nyangka ya waktu itu udah lama banget, kangen masa kecil saya di tahun 90an 🙂

      Reply

  8. Megi Tristisan
    Jul 11, 2013 @ 21:38:37

    saya suka Adon saat masih di Basejam
    kerena tapi yang ini juga lagunya keren

    Reply

    • Yos Beda
      Jul 12, 2013 @ 09:07:15

      setau saya Adon masih di base jam kok mas, cuma sigit yang udah ngga ada 🙁

      Reply

  9. ndop
    Jul 12, 2013 @ 05:49:15

    Setuju. Setuju kalo Alid pancen ndeso! Hahaha..

    Lagune apik, Adon suarane pancet koyok cah cilik yaaa… Biyen jaman ning beis jem duet antara sigit dan adon sangat apik. Yang satu suaranya middle satunya melengking. Apalagi musik beis jem yang riang bikin banyak disukai. Paling suka sama lagu Bermimpi. Dan aku seneng nyanyiin pas bagian adon.

    Reply

    • Yos Beda
      Jul 12, 2013 @ 09:08:10

      iya mas lagu bermimpi ini salah satu lagu yang melegenda di katalog lagu otak saya lho, hehehe.. jadi kangen jaman dulu.. 🙁

      Reply

  10. Dhimas Kirana
    Jul 12, 2013 @ 15:01:56

    semua agama mengajarkan kebaikan kepada sesama, sama aja mas 😀
    btw ane juga orang kristiani tapi baru tahu lagu ini nih, nice infonya gan.. langsung download mp3 dari youtube 😀

    Reply

  11. Imam
    Jul 12, 2013 @ 16:01:44

    Keren juga mas lagunya , enak juga untuk di buat tidur di siang bolong..hehehe

    Reply

  12. abanxcfendy
    Jul 12, 2013 @ 22:32:09

    sebuah lagu mempunyai kekuatan tersembunyi untuk bisa mempengaruhi mood (psikis) bahkan fisik kita.
    ================================================

    Memang benar seperti itu makanya tak salah jikalau ada ungkapan “Musik adalah bahasa dunia, mampu mempengaruhi manusia yang berbeda ras suku bangsa”

    Btw ane ngefans juga sama Base Jam dulu :mrgreen:

    buffering dolo ah, penasaran ini ama lagunya 😀

    Reply

  13. rawins
    Jul 14, 2013 @ 05:25:13

    lagunya enak gak..?
    tar donlot dulu ah
    letoy internetnya ga bisa puter langsung hehe

    Reply

  14. Budi
    Jul 14, 2013 @ 12:56:36

    Baru tahu kalau adon buat lagu…cobain denger ah…

    Reply

  15. Pencerah
    Jul 14, 2013 @ 14:45:52

    ikut dengerin lagunya ah

    Reply

  16. Bagus Frayoga
    Jul 19, 2013 @ 12:44:32

    Saya punya 1 album lagunya Adon 🙂
    hehe

    Reply

  17. Wisata Lombok
    Jul 21, 2013 @ 18:29:45

    Dengerin dulu ahh.. Jadi inget lagu Bukan Pujangga waktu masih SD dulu 🙂

    Reply

  18. Mufid
    Jul 25, 2013 @ 22:25:08

    saya setuju dengan paragraph terakhir mas..
    semua agama sebenranya mengajarkan kasih sayang.. 🙂

    Reply

  19. Fajar
    Aug 12, 2013 @ 20:16:31

    Ini lagu kapan mas bro?, adon solo karir ya?..
    pdhl lagu2nya base jam nyaman banget di telinga.ky Rapuh,dll

    Reply

  20. rumah dijual di surabaya
    Sep 04, 2013 @ 11:39:43

    jadi penasaran lagunya
    kyak apa y…

    Reply

  21. @Luckay27
    Nov 27, 2013 @ 13:40:40

    MANTABB.. 🙂

    Reply

Leave a Reply

*