Bicara Tentang Chip Prosesor Ponsel Pintar, Ya Qualcomm Snapdragon!

Oleh: - 4 Maret 2015  |

Instagram

Qualcomm Snapdragon
Qualcomm Snapdragon (qualcomm.co.id)

Dewasa ini, hampir setiap orang dari berbagai macam kalangan mempunyai sebuah gadget semisal ponsel pintar atau komputer tablet. Sendi-sendi aktivitas kehidupan masyarakat pada era digital seperti sekarang tidak bisa lepas sepenuhnya dari gadget. 5-6 tahun lalu, memang gadget identik dengan orang kaya, karena harga gadget kala itu relatif mahal, yang tidak terjangkau oleh masyarakat berpenghasilan pas-pasan. Namun itu dulu, dalam beberapa tahun belakangan, banyak vendor-vendor elektronik merilis lini produk gadgetnya dengan harga yang terjangkau.

Dengan bermunculannya gadget-gadget dari berbagai macam vendor dalam range harga yang bervariasi, kadang malah membuat kita bingung saat akan membelinya. Pertanyaan yang sering muncul, apakah gadget murah itu bagus? Apakah gadget mahal awet? Apakah gadget dari brand ternama terjamin mutunya lebih bagus? Pertanyaan-pertanyaan seperti tidak akan mendapatkan jawaban yang 100% persen benar, ada kalanya gadget murah malah lebih bagus dari gadget di kelas yang sama dengan harga lebih mahal, ada juga gadget dari brand kurang terkenal namun malah laku keras karena kehandalannya.

Berbicara mengenai pilihan gadget yang akan dibeli, saya selalu menggunakan pendekatan yang sama dengan saat saya beberapa tahun silam membeli sebuah komputer desktop (PC). Tentu kita semua masih ingat, ketika berbicara komputer, dulu itu orang selalu menyebut dengan nama prosesor yang digunakan. Sampai sekarang saya melihat kebiasaan penyebutan komputer dengan nama prosesornya malah sangat tepat, karena prosesor merupakan otak utama dari sebuah perangkat, hebat tidaknya sebuah komputer dipengaruhi oleh prosesor yang digunakan.

Baca juga:

Hal yang sama juga terjadi pada sebuah ponsel pintar. Ponsel pintar itu tak ubahnya sebuah perangkat komputer dengan ukuran mini, otak dari perangkat itu pun sama, yaitu prosesornya. Jadi intinya, menjadikan prosesor sebagai pertimbangan utama dalam membeli sebuah gadget adalah keputusan yang bijak dan juga tepat. Beberapa kali saya mendapati teman yang menyesal membeli sebuah gadget hanya karena nama besar brand-nya dijadikan preferensi utama ketika membelinya. Alih-alih puas dengan gadget bermerek yang baru dibeli, namun malah menyesal ketika mendapati temannya yang lain membeli gadget super powerfull dengan harga yang tak lebih mahal dari yang dia beli.

Setelah tahu betapa vitalnya sebuah prosesor dalam sebuah gadget, lalu berikutnya adalah pertanyaan, gadget dengan prosesor apa yang harus anda beli? Lagi-lagi saya akan menggunakan pendekatan umum, “bila sebuah hardware jamak digunakan oleh sebagian besar gadget di pasaran, maka hardware tersebut sudah dapat dipastikan telah teruji”. Salah satu prosesor yang banyak digunakan oleh vendor gadget adalah Snapdragon 801, lini chip prosesor dari Qualcomm. Dengan kata lain, chipset Qualcomm Snapdragon merupakan chip prosesor terbaik untuk ponsel pintar saat ini, karena sudah teruji.

Adalah Snapdragon 801, salah satu chipset terbaik yang pernah dibuat oleh Qualcomm. Chip prosesor tersebut menjadi tenaga utama dapur pacu gadget-gadget tangguh di pasaran saat ini. Salah satu ponsel pintar keren yang menggunakan chip prosesor Qualcomm Snapdragon 801 adalah Oppo N3. Anda tentu tahu bahwa Oppo N3 dinilai oleh para pecinta gadget di seluruh dunia sebagai salah satu ponsel pintar terbaik di kelasnya saat ini. Oppo bisa meraih prestasi itu tak bisa dilepaskan juga dari ketangguhan chip prosesor Snapdragon 801 yang ada di Oppo N3.

Bersenjatakan Snapdragon 801, Oppo N3 bisa menggunakan jaringan koneksi super cepat 4G LTE, lalu juga bisa menghasilkan kualitas playback audio maupun video sekelas bioskop. Dengan Snapdragon 801 pula, N3 punya fitur yang disukai seorang fotografer seperti saya, yaitu kemampuan Snapdragon 80 untuk bersinergi dengan kamera supercanggih di Oppo N3, yang bisa mengabadikan foto dalam kondisi minim cahaya, autofocus lebih cepat dan presisi, serta cakupan pixel yang lebih banyak.

Melihat fitur-fitur canggih Snapdragon 801 yang bisa membuat Oppo N3 menjadi salah satu ponsel terbaik di dunia saat ini, membuat saya semakin yakin bahwa memang chip prosesor adalah nyawa sebenarnya dari sebuah ponsel pintar. Saya jadi berfikir juga, bagaimana perkembangan chip prosesor dalam satu atau dua dekade ke depan, apakah akan terjadi lonjakan teknologi yang signifikan? Atau chip prosesor akan mengalami evolusi menjadi hardware berteknologi yang lebih baru lagi, menarik untuk kita tunggu.

Berita Terkait.

33 Komentar

  1. Mawardi
    4 Maret 2015 @ 20:18:20

    wah bisa jadi refrensi nih mas

    Reply

    • Yos Beda
      4 Maret 2015 @ 20:45:51

      Iya mas, semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat..

      Reply

  2. Triunt
    4 Maret 2015 @ 20:40:45

    Eh HPku juga pake snapdragon hlo.
    Kenceng.

    Reply

    • Yos Beda
      4 Maret 2015 @ 20:45:28

      Nah bener kan, emang kualitasnya oke snapdragon itu..

      Reply

  3. Zippy
    4 Maret 2015 @ 20:55:52

    Harus pinter2 milih hape dong ya πŸ˜€
    Salah2 malah bikin pusing kepala karena hapenya suka ngelag πŸ˜€
    Yang tadinya smartphone malah bisa jadi dodolphone πŸ˜†

    Reply

    • Yos Beda
      4 Maret 2015 @ 21:02:40

      Nah iya, kudu pinter dan selektif dalam memilihnya..
      yang paling penting dilihat dalemannya.. maksudnya prosesornya πŸ˜€
      kalau dalemannya udah bagus, performanya dijamin tidak mengecewakan mas..

      Reply

  4. ndop
    4 Maret 2015 @ 21:17:58

    aku lihat hasil kamera Oppo memang bagus. Bisa dilihat di instagramnya @Dianpelangi dia khan pakai oppo motretnya, fotonya bagus bagus dan colorful.

    Reply

    • Yos Beda
      5 Maret 2015 @ 05:56:51

      Nah iya mas, kamera dengan kualitas sensor yang bagus didukung dengan prosesor yang greget.. hasilnya akan wow banget.. hehehe..

      Reply

  5. Tuxlin
    4 Maret 2015 @ 23:17:20

    Mantap mas, saya juga pakai Snapdragon di smartphone Lumia 520 saya, meski udah agaj jadul tapi masih responsif hehehehe πŸ˜€ Oppo N3 itu yang kameranya bisa muter itu ya πŸ˜€

    Reply

    • Yos Beda
      5 Maret 2015 @ 05:58:25

      Nah bener kan, ponsel berprosesor Snapdragon emang greget..
      walau jadul masih bisa bersaing dengan ponsel-ponsel keluaran terbaru ya..
      Iya mas, Oppo N3, kameranya bisa muter ke depan dan ke belakang..

      Reply

  6. Maria
    7 Maret 2015 @ 21:29:27

    Wah thanks ya mas infonya, berguna banget nih buat saya yg awam dan ga terlalu ngerti gadget. Nanti mau coba cari tau ttg oppo deh πŸ˜€

    Reply

    • Yos Beda
      8 Maret 2015 @ 07:15:24

      Sama-sama kak Maria, senang sekali bila ternyata apa yang saya tulis bermanfaat, hehehe

      Reply

  7. darfin arifin
    10 Maret 2015 @ 01:36:18

    wahh hars pintar2 niee jadi refrensi penting..
    makasi infonya mas πŸ™‚

    Reply

    • Yos Beda
      10 Maret 2015 @ 19:37:37

      Iya mas, sama-sama πŸ™‚

      Reply

  8. Rika Verry Kurniawan
    11 Maret 2015 @ 08:57:22

    Menarik yos.
    Sekarang kan bukan cuma fitur aja, tapi juga dalemannya perlu dipertimbangkan

    Reply

    • Yos Beda
      11 Maret 2015 @ 09:17:42

      Iya mas, daleman itu sangat vital πŸ˜€

      Reply

  9. Ditter
    11 Maret 2015 @ 14:00:32

    HP-HP zaman sekarang pada pinter-pinter, dan relatif murah-murah…. Cuma modal satu setengah juta, udah dapet HP yg lumayan banget. Yah, walaupun bukan yg pakai chipset Snapdragon 801 πŸ˜€

    Reply

    • Yos Beda
      11 Maret 2015 @ 14:13:08

      Iya mas, makanya kudu pinter-pinter milihnya πŸ™‚

      Reply

  10. yopi
    17 Maret 2015 @ 20:12:31

    mungkin dalam dekade berikutnya namanya bukan chip prosesor lagi, bisa jadi nano procecor yang tertanam di smartphone selanjutnya, jadi tampilan makin tipis sampe elastis kayak karet hehe, namanya juga teknologi gak pernah berhenti berkembang.

    Reply

    • Yos Beda
      19 Maret 2015 @ 10:12:49

      Hahahaha.. bisa juga lho mas Yopi..
      Lihat saja teknologi layar, dulu siapa yang menyangka bahwa akan ada layar yang elastis seperti karet,
      Eh sekarang ternyata sudah ada beneran kan πŸ˜€

      Reply

Tinggalkan Balasan