Empat Langkah yang Saya Lakukan Bila Menjadi Ketua KPK

Oleh: - 17 November 2012  |

Instagram

Infografis Penanganan Perkara Korupsi Tahun 2007-2011
Infografis Penanganan Perkara Korupsi Tahun 2007-2011

Bangsa ini terus mengasah “pisau belati korupsi” untuk bunuh diri, kasus wisma atlit dan hambalang jelas membuka mata kita betapa semakin “vulgar” korupsi di negeri ini. para pelaku korupsi seakan tak sadar korupsi adalah tindakan hina, tercela bahkan durhaka.

Apakah KPK masih bergigi? sepak terjang KPK sesungguhnya mencerminkan siapa yang memimpinnya. Andai saya dipercaya untuk memimpini institusi KPK, empat langkah ini yang akan saya lakukan.

1. Langkah Preventif (Pencegahan) Korupsi

Baca juga:

Saya bentuk divisi khusus di KPK yang bertugas mendatangi setiap institusi pendidikan dan instansi pemerintah untuk melakukan penyuluhan tentang bahaya korupsi, dengan persiapan yang matang niscaya langkah ini bisa mengurangi angka perkara korupsi.

2. Langkah Represif (Pengekangan) Korupsi

Perilaku culas berjamaah korupsi terjadi karena adanya kesempatan, dan langkah terbaik untuk memberantasnya adalah meminimalisir kesempatan korupsi itu terjadi. saya akan taruh orang-orang terbaik KPK di tempat-tempat yang selama ini menjadi “lahan basah” korupsi.

3. Menjaga Diri dan Istitusi KPK Agar Tak Tersandera

Dalam sejarah bangsa Indonesia tak pernah lepas dari “politik saling menyandera”, sebuah pribadi yang tersandra tak akan bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan semestinya. sebagai ketua KPK, saya akan sangat berhati-hati dalam melangkah agar saya dan KPK tak tersandera.

4. Sosial Media untuk Kampenye Anti Korupsi

Setiap era peradaban, manusia menggunakan alat bantu khusus sesuai dengan zamannya, mulai dari batu di zaman batu, perunggu di zaman perunggu hingga besi di zaman besi. di era teknologi sosial media, sangat bijak bila kita bisa memanfaatkan potensi pengguna sosial media tanah air dalam mengkampanyekan anti korupsi.

Berita Terkait.

30 Komentar

  1. Jojoz On Revolutia
    17 November 2012 @ 11:57:02

    Loh kemarin kok gak nyalon jadi ketua kpk mas? 😀 hehehe

    Eh kalo program-program KPK gitu bisa dilihat dari internet gak sih? (‘o’ )?

    Reply

    • Yos Beda
      17 November 2012 @ 14:57:45

      hehehe, kemarin belum cukup umur mas buat saya jadi ketua KPK.. 🙂

      Reply

  2. Fier
    17 November 2012 @ 21:13:44

    Tiap aksi sepertinya harus berimbang porsinya 😉

    Reply

    • Yos Beda
      19 November 2012 @ 05:51:06

      iya mas, memang harus seimbang, tapi harus juga pintar memprioritaskan langkah yg wajib dikerjakan terlebih dahulu..

      Reply

      • Fier
        27 November 2012 @ 00:39:50

        Yap, tentu saja. Selalu ada yang diprioritaskan, dan selalu ada juga dukungan dibelakangnya 😉

        Reply

  3. whiz
    18 November 2012 @ 05:48:04

    Andai saya menang blog KPK…
    Idenya assiik mas…semoga menjadi ilham orang2 untuk selalu bebas dari Korupsi.
    Soalnya saya sering korupsi waktu saya utnuk ngeblog mas hehe

    Reply

    • Yos Beda
      19 November 2012 @ 09:16:19

      iya mas, saya memang berharap tulisan saya ini bisa di baca ketua KPK saat ini, setidaknya bisa memberikan masukan yang “menurut saya” berharga, hehehe

      Reply

  4. aydacibubur2
    18 November 2012 @ 10:20:33

    saya malah gak pernah kepikiran.. 😀

    Reply

    • Yos Beda
      19 November 2012 @ 06:37:53

      sekarang sudah kepikiran kan mas, hehe..

      Reply

  5. giewahyudi
    18 November 2012 @ 19:49:48

    Yang pasti kalau jadi ketua KPK, Mas Yosbeda juga harus ngeblog biar bisa mengkomunikasikan secara langsung kepada masyarakat..

    Reply

    • Yos Beda
      19 November 2012 @ 09:18:06

      pastinya dong mas, blog menurut saya termasuk elemen “Sosial media” yang saya sebutkan di point ke-4 tulisan saya di atas.

      Reply

  6. applausr
    20 November 2012 @ 22:49:32

    ini keren idenya dan solusinya… kalau jadi KPK jangan lupa di upload ke you tube ya kinerjanya ya…

    Reply

    • Yos Beda
      21 November 2012 @ 09:09:51

      iya mas, pastinya diupload ke youtube juga dong,
      kita bisa belajar dari Pemprov Jakarta,
      yang telah melakukan hal serupa

      Reply

  7. ainulharits
    21 November 2012 @ 09:29:52

    Trus bagi yang suka ngeblog dengan fasilitas kantor masuk sasaran kpk ga ya mas… 😀

    Reply

    • Yos Beda
      21 November 2012 @ 09:34:13

      Sepertinya ngga mba, kan KPK hanya tangani kasus korupsi yang merugikan uang negara di atas 5 miliar, hehe

      Reply

  8. Obat Herbal Bandung
    22 November 2012 @ 12:42:08

    Mas bro kalo korupsi di bawah 5 Milyar di tangi siapa donk? jangan2 malah g di tangani yah. kalo belasan orang yg korupsi d bawah 5 M, kan lumayan tuh kalo di total-total. heu…3x
    Salam kenal mas bro

    Reply

    • Yos Beda
      22 November 2012 @ 15:22:20

      Kasus korupsi di bawah 5 miliar setahu saya akan ditangani kepolisian dan kejaksaan,
      iya, salam kenal juga mas.

      Reply

  9. ndop
    23 November 2012 @ 10:44:11

    kalo aku mungkin kalo jadi ketua KPK akan kabur, soalnya emang gak mau jadi ketua KPK, pingin jadi tukang vector saja..

    Reply

    • Yos Beda
      23 November 2012 @ 10:47:01

      hehehe, ada-ada aja mas..

      Reply

  10. Ilmu Kimia
    29 November 2012 @ 00:44:43

    semoga kesampaian pak.
    mari kita dukung KPK menjadi antivirus pemerintahan.

    salam.

    Reply

    • Yos Beda
      3 Desember 2012 @ 09:53:23

      iya mas, semoga Indonesia segera terlepas dari budaya korupsi 🙂

      Reply

Tinggalkan Balasan