Jokowi Jadi Gubernur Jakarta, Setangguh Rubah Padang Pasirkah?

Oleh: - 16 Oktober 2012  |

Instagram

Joko Widodo dan Erwin Rommel
Joko Widodo dan Erwin Rommel

Minggu ini hujan terus mengguyur Solo, seperti halnya kemarin, Senin (15/10/2012) hujan membasahi kota kecil ini ketika mantan Walikota kebangganya sedang menjalani pelantikan Gubernur di Jakarta. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta resmi melantik Joko Widodo menjadi Gubernur DKI jakarta 2012-2017, masyarakat Solo turut bersuka cita dalam pesta demokrasi DKI Jakarta. Putra Solo itu telah memenangkan pertempuran di medan laga yang luar biasa dahsyatnya.

Joko Widodo Mandapat amanat dari rakyat Jakarta yang telah memilihnya untuk menguraikan benang kusut problematika Ibu kota yang telah bertahun-tahun menghinggapi Jakarta, harapan masyarakat jakarta, Jokowi adalah setetes air hujan dalam kemarau yang panjang!, mampukah Jokowi menyelesaikan masalah-masalah yang ada di Ibu Kota? Mampukah Pria sederhana 51 tahun ini menaklukan Jakarta untuk yang kedua kalinya, setelah sebelumnya berhasil menakhlukan hati rakyatnya?

Berkaca dari apa yang telah dilakukanya di Solo selama ini, Jokowi memang memiliki kapabilitas untuk menyelesaikan masalah yang ada di Jakarta? Tentu dengan berbagai catatan. Masalahnya sekomplek apa? medannya sekeras apa? dan siapa orang-orang dibelakangnya?. Dalam hati, sebenarnya saya takut Sosok Jokowi yang sekarang banyak dipuja-puja, 2-3 tahun lagi menjadi sosok yang sangat menyebalkan di mata orang jakarta, bukan karena Jokowi berbuat buruk, namun karena kebaikan Jokowi tak mampu menyelesaikan masalah di Jakarta tersebut.

Baca juga:

Orang baik ketika berada di lingkungan yang ‘salah’ kadang malah membuat dia terlihat selalu salah, mengingatkan saya pada salah satu jenderal perang idola saya, Erwin Rommel si ‘Rubah Padang Pasir’, Jenderal legendaris Jerman era NAZI.  Dia sangat hebat ketika memimpin pasukannya di lapangan, juga dikenal sangat baik dalam memperlakukan para tawanan perang,  hingga membuat lawan-lawannya respek terhadap dia. Namun cukupkah kehebatan rommel memenangkan Jerman dalam Perang Dunia II? Cukupkah kebaikan rommel menjadikan dia bisa menikmati hari tua? Jawabanya Tidak!

Predikat sebagai Jendral NAZI membuat apa yang dilakukan Rommel seolah-olah selalu salah di mata sejarah, Sungguh malang nasib rommel harus mengakhiri hidupnya dengan racun sianida. Hal yang sama saya takutkan akan terjadi pada bapak jokowi, ketika dia nanti telah berusaha 110 persen untuk memperbaiki jakarta, namun karena tak kunjung terlihat hasilnya dia akan menjadi orang yang salah di mata warga Jakarta. Sejauh mana warga jakarta mau menunggu hasil kinerja bapak Jokowi, itulah yang yang menjadi kuncinya, 1 tahun? 3 tahun? Atau 5 tahun seprti masa jabatan penuh yang diembannya.

Wakil Gubernur terpilih, Basuki Cahya Purnama, dalam beberapa kesempatan sering mengungkapkan bahwa masalah di Jakarta bisa terseleselesikan, khusus untuk masalah sistem birokrasi Pemprov DKI Jakarta itu seperti sebuah kereta api,  jika lokomotifnya lurus gerbong-gerbong di belakangya akan lurus pula, begitulah perandaian yang sering diberikan wakil Pak Jokowi tersebut, semoga memang sesimpel itu untuk menyelesaikanya, luruskan lokomotifnya sambil berharap tak ada yang berniat menyabotase rel kereta api tersebut.

Memang tak hanya masalah Sistem birokrasi Pemprov DKI Jakarta yang menjadi Pekerjaan Rumah Jokowi, masih banyak masalah lain menanti Jokowi-Ahok, doa kami dan seluruh warga Solo, Jokowi bisa menyelesaikan masalah Jakarta. Semoga warga jakarta bisa melihat kinerja pak Jokowi  berdasarkan proses yang dilakukannya bukan pada hasilnya, walau pun hasil yang maksimal adalah harapan utama mereka warga Jakarta, Akhir kata Semoga berhasil Pak Jokowi! sebagaimana Jenderal Rommel berhasil menakhlukan panasanya medan perang Gurun Afrika Utara lebih dari setengah abad lalu!

Berita Terkait.

46 Komentar

  1. dafhy
    16 Oktober 2012 @ 08:07:18

    Semoga pak Jokowi mampu membawa perubahan yang diinginkan warga DKI mas. amiin

    Reply

  2. Jojoz On Revolutia
    16 Oktober 2012 @ 09:49:22

    Aminnn

    Reply

  3. Hdhe16
    16 Oktober 2012 @ 10:25:21

    Wih, objek komparasinya ngeri.. desert fox!

    Mari, kita berdoa. Semoga Jokowi dan koleganya sukses membawa ‘miniatur INA’ ke jalan yg lurus. Amien 🙂

    Reply

    • Yos Beda
      16 Oktober 2012 @ 10:27:26

      iya mas, kebetulan saya penggum kedua tokoh di atas 🙂

      Reply

  4. randompeps
    16 Oktober 2012 @ 11:28:27

    semoga pak jokowi bisa menghilangkan kemacetan *cring!* hahaha amiiin biar gue ga stres kalo pulang ke jakarta.

    Reply

  5. Fadly Sansan
    16 Oktober 2012 @ 12:00:16

    semoga pak Jokowi mampu.
    meskipun saya bukan orang Jakarta, tapi saya berharap ada perkembangan dan kemajuan disana.. 🙂

    Reply

    • Yos Beda
      16 Oktober 2012 @ 17:21:17

      iya mas, semoga, saya pun juga bukan orang jakarta

      Reply

  6. Kaget
    16 Oktober 2012 @ 13:01:35

    Uh, itukan si Erwin Romel, apa mirip ketegasannya dengan Jokowi. Kayaknya yang berbasis militer sedikit lebih garang dari kalangan sipil 😉

    Reply

    • Yos Beda
      17 Oktober 2012 @ 05:12:27

      eh ketegasan jokowi di Solo selama ini ta kalah dengan ketegasan di militer lho mas, dan kalu di postingan ini yang saya tekankan adalah ketakutan saya akan “kehebatan dan kebaikan” tak cukup mampu untuk menaklukan masalahjakarta, seperti halnya khebetan Rommel tak mampu membawa kemnangan bagi Jerman saat PD II

      Reply

  7. adetruna
    16 Oktober 2012 @ 13:03:21

    memang mengasyikkan menonton panggung politik bila yang bermain se-‘cantik’ Jokowi …

    Reply

    • Yos Beda
      16 Oktober 2012 @ 17:21:46

      iya mas, semoga hasil kinerja jokowi nanti juga cantik

      Reply

  8. Chika
    16 Oktober 2012 @ 13:03:41

    gimana cara ngatsin preman nih, Pak Jo?

    Reply

    • Yos Beda
      16 Oktober 2012 @ 17:22:06

      degnan memberi mereka lapangan pekerjaan mungkin mas

      Reply

  9. izzawa
    16 Oktober 2012 @ 15:47:56

    smpai2 kmren byk yg pake baju kotak2 dsini..

    Reply

    • arif
      16 Oktober 2012 @ 18:15:51

      saya juga pengen punya sebetulnya, baju kotak2nya bagus 😀

      Reply

  10. atmo
    16 Oktober 2012 @ 18:22:33

    saya juga menaruh harapan pada Pak JOkowi, semoga banyak pemimpin juga memberikan harapan, TERUS.

    Reply

    • Yos Beda
      17 Oktober 2012 @ 05:13:09

      Semoga berhasil mas pak Jokowi

      Reply

Tinggalkan Balasan