Mau Jadi Influencer? Ini 6 Langkah Penting Sebelum Memulainya!

Oleh: - 8 Mei 2019  |

Instagram

Youtuber Wanita Cantik
Youtuber Wanita Cantik (plann.com)

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan passion menjadi sebuah pekerjaan tetap, salah satunya jadi influencer di media sosial. Bahkan social media influencer juga menjadi sebuah profesi baru yang banyak diinginkan oleh generasi milenial.

Gimana nggak? Selain bisa menjalankan pekerjaan sesuai passion, dengan menjadi seorang influencer kamu nggak perlu datang ke kantor dan tetap mendapatkan keuntungan. Well, dengan menjadi influencer kamu juga akan sering mendapatkan produk gratis plus bisa jalan-jalan dan bisa menginspirasi banyak orang.

Namun, kamu pasti tahu kalau ingin menjadi seorang influencer tidak semudah membalikan telapak tangan lho, guys. Sebab, kamu harus bekerja keras dan membutuhkan beberapa langkah awal untuk memulainya. Kira-kira apa saja sih tips yang harus dilakukan untuk menjadi influencer pemula? Mau tahu? Langsung saja, lihat ulasannya berikut ini!

Baca juga:

Fokus pada tujuan dan bidang yang sesuai dengan keahlianmu

Food Blogger Wanita
Food Blogger Wanita (pinterest)

Langkah awal yang paling mendasar sebelum kamu memulai jadi influencer adalah dengan menentukan tujuan dan fokus yang sesuai dengan keahlianmu. Tentukan konten yang berhubungan erat dengan skill dan bidang yang ingin kamu tekuni. Lalu, pastikan agar kamu hanya selalu berfokus pada skill dan konten yang kamu tekuni saat ini.

Kenapa harus seperti itu? Supaya kamu tetap dikenal dengan karya dan ciri khas menjadi seorang influencer yang konsisten sesuai bidangnya. Hal itu juga akan menjadi penentu followers yang selalu mengikutimu dan pasar brand yang mungkin akan terus bekerja sama denganmu. So, tentukan konten yang sesuai dengan passionmu dan tetap konsisten, ya!

Menentukan brand diri sendiri

Brand
Brand (digitalmarketer.com)

Setelah kamu menentukan tujuan dan fokus pada bidang sesuai skill, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan menentukan personal branding sendiri. Dengan personal branding itu artinya kamu harus mempunyai keunikan tersendiri agar bisa membedakanmu dengan para influencer yang lain.

Misalnya, jika kamu tertarik dan menguasai suatu bidang seperti fashion atau make up, maka followers-mu akan dipenuhi dengan orang-orang yang suka pada bidang fashion atau make up. Selain itu, kamu juga harus yakin dengan jalan yang kamu pilih adalah sesuai dengan keinginanmu sendiri. Jangan coba-coba memaksakan diri menjadi orang lain atau mencoba untuk mengikuti gaya orang lain. Be yourself guys!

Membuat konten yang menarik dan kreatif di media sosial

Di Depan Laptop
Di Depan Laptop (pinterest.com)

Salah satu kunci dan kekuatan penting dari seorang influencer adalah konten yang menarik dan kreatif di media sosialnya. Buatlah sebuah konten yang kreatif, menarik, original dan menginspirasi untuk bisa menjangkau followers-mu lebih banyak lagi.  

Pastikan konten yang kamu bagikan memiliki manfaat yang positif dari hasil karyamu sendiri dan berkaitan dengan brand yang kamu tekuni. Karena dengan konten yang kamu bagikan di media sosial merupakan suatu cerminan dari dirimu sendiri. Asah terus kreativitasmu dengan selalu membuat konten yang menarik agar followers-mu tidak cepat bosan.

Kualitas foto atau video harus Instagramable agar kekinian

Food Photography
Food Photography (wedangkopi.com)

Setelah kamu selesai mengatur strategi, maka saatnya untuk mempersiapkan alat perang. Kualitas foto dan video merupakan salah satu poin penting yang wajib kamu perhatikan. Oleh karena itu, kamu nggak boleh mengunggah konten dalam bentuk video atau foto secara sembarangan tanpa memperhatikan kualitasnya. Nah, agar foto dan video yang kamu unggah terlihat lebih instagramable dan kekinian, pastinya kamu akan sangat butuh dukungan sebuah kamera yang berkualitas dong.

Datang ke event untuk menambah networking

Bersosial
Bersosial (id.techasia.com)

Sering mendatangi ke event-event tertentu juga merupakan langkah wajib yang harus kamu lakukan. Selain akan mendapatkan pengalaman baru, kamu juga akan bertemu dengan orang baru dan bisa melakukan networking dari berbagai perwakilan brand disana. Gimana, menarik kan?

Oh iya, kamu juga tidak boleh pesimis dan malu untuk bertanya tentang brand atau update produk ke mereka yang lebih senior. Selain itu juga kamu bisa bertanya kepada salah satu perwakilan brand, tentang apakah brand tersebut berminat melakukan kerja sama denganmu sebagai influencer-nya.

Sabar dan konsisten dalam berkarya

Fokus di Depan Laptop
Fokus di Depan Laptop (enterpreneursquad.id)

Guys, kamu juga pasti tahu bahwa nggak ada jalan pintas jika ingin sukses. Para influencer yang sudah terkenal juga pasti selalu bekerja keras dan pantang menyerah. Untuk itu, langkah penting yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi seorang influencer adalah tetap sabar dan selalu konsisten dalam berkarya.

Jangan pernah merasa putus asa dan cepat menyerah jika followers belum banyak. Yang penting kamu tetap membuat konten yang kamu sukai dan sesuai skill, karena tak ada hasil yang menghianati usaha. So, be yourself dan tetap berkarya dengan keunikan tersendiri yang akan selalu diingat oleh banyak orang. Kalau bisa buatlah jadwal sesering mungkin untuk mengunggah konten hasil dari ide dan kreatifitasmu. Selain itu, kamu juga harus rajin browsing untuk mengupdate informasi sesuai pada bidang yang kamu sukai.

Gimana? Ternyata menjadi seorang influencer nggak sulit dan bukan hanya sekedar hobi belaka kan? Well, jika ingin mengerjakan sesuatu yang besar tentunya akan membutuhkan pengorbanan bukan? Akan tetapi kalau kamu selalu berkomitmen dan serius dalam mengerjakannya, hasilnya pasti akan memuaskan kok. Semoga informasi ini bisa membuatmu terinspirasi untuk menjadi influencer terkenal. Selamat mencoba, ya!


Berita Terkait.

8 Komentar

  1. muhammad rezha
    9 Mei 2019 @ 11:07:11

    Kalo sy sulitnya di fokus mas yos, pasti tergoda untuk ngrjain yg lain2

    Reply

    • Yos Beda
      15 Mei 2019 @ 08:21:30

      Ya coba dibiasakan saja mas 🙂

      Reply

  2. Rosali
    11 Mei 2019 @ 04:30:21

    Ikut acara atau event itu yang menurut saya paling penting, biar bisa kecipratan banyak job wkwkwkwkw

    Reply

    • Yos Beda
      15 Mei 2019 @ 08:21:56

      wkwkwkw.. bener, biar jaringan ke agensi iklan semakin luas ya 😎

      Reply

  3. Roy
    12 Mei 2019 @ 19:00:16

    Halo ms yos, ini roy serenan.. lama g motret bareng ya.. hahahaha

    Reply

    • Yos Beda
      15 Mei 2019 @ 08:22:26

      Saya menghiatuskan diri dari aktivitas fotogradi dulu Mas Roy

      Reply

  4. Rismaeka
    14 Mei 2019 @ 21:05:32

    Naini info yg sy cari2 ms, tips2nya mantul

    Reply

Tinggalkan Balasan