Mencoba Menjadi Superman Dengan Segala Keterbatasan

Oleh: - 6 Juni 2012  |

Intstagram LinkInstagram

Yos Take Vocal10 tahun silam ketika saya masih duduk di bangku SMP, untuk pertama kalinya saya benar-benar jatuh cinta, jatuh cinta pada sebuah lagu. Sampai sekarang pun saya menjadikan lagu tersebut sebagai soundtrack hidup saya. Lagu tersebut adalah Wherever You Will Go, karya fenomenal dari band The Calling , sayangnya band tersebut telah bubar tahun 2004 silam, tak masalah sang mpunya lagu telah tercerai berai, karena lagu ini masih memberikan warna tersendiri dalam hidup saya.

Lagu cantik ini pertama kali saya dengar ketika menjadi themesong serial TV Smallville session pertama, sebuah serial TV yang ditanyangkan SCTV medio 2001-2002 yang berkisah tentang petualangan Clark Kent, sang superman muda di sebuah kota kecil fiktif di kansas Amerika Serikat. Menarik mengikuti petualangan seru seorang superman ketika masih muda dimana kita semua tentu tahu bahwa masa muda adalah masa pembentukan karakter seorang manusia, tak terkecuali manusia super.

Lagu yang ditulis oleh Alex Band, vokalis dari band The Calling ini memberikan sugesti tersendiri buat saya, setiap mendengar lagu ini seperti ada yang berbisik ditelinga kanan dan kiri saya dan bilang “kamu juga bisa jadi manusia super seperti Clark Kent jika kamu berusaha”. Sebuah bisikan yang sedikit masuk akal buat saya jika difinisi superman bukanlah orang yang bisa terbang, bermata laser dengan kulit sekuat baja melainkan seorang anak manusia yang tumbuh dikota kecil dengan segala keterbatasanya kemudian menjadi orang yang berguna bagi sesama ketika besar nanti.

Baca juga:

Pada dasaranya setiap manusia mempunyai kababilitas untuk menjadi seorang manusia super, dengan parameter “super” yang berbeda-beda. Saya sendiri lebih cenderung menyederhanakan difinisi “super” tersebut dengan kalimat “keterbatasan bukanlah penghalang”. Saya bersyukur lahir ke dunia dengan kondisi normal tanpa kurang satu apapun walau pada perjalanan nanti ada berbagai keterbatasan yang mewarnai hidup saya, dan menjadikan saya biasa dengan keterbatasan-keterbatasan tersebut.

Seorang anak yang tumbuh di kota kecil, tak ada yang menonjol dari nilai akedemiknya sejak SD sampai SMA, tidak pula dia lulusan kampus yang megah dan mewah. Ketika pendidikan adalah bekal utama menjadi orang besar apa yang akan dilakukanya bila bekal itu dirasa tak begitu kuat. Ya itulah saya yang sejak 2 tahun lalu sedikit demi sedikit mencoba memberi nilai lebih pada diri saya, dengan mencoba mempelajari banyak hal, karena sadar tak akan cukup jika hanya mengandalkan selembar ijazah. Saya punya keyakinan apa saja yang saya pelajari belakangan ini akan membantu saya menjadi orang besar atau manusia super di kemudian hari.

Selalu ada wanita-wanita hebat dibelakang orang-orang besar, lihat saja Habiie punya ainun habibie, Adolf Hitler punya Eva Braun, Peter Parker punya Mary Jane dan Superman pun punya Lois Lane. Sebelumnya mungkin ada yang bertanya kenapa loise lane? bukankah di serial smallville itu kisah romansa Clark kent lebih kepada Lana Nang? Iya sih si Lana Lang cinta pertama Clark Kent tapi apalah artinya dia jika tak bisa bersama kent selamanya? Semua orang pun tahu cinta sejati superman adalah Lois Lane.

Sebagai orang yang dalam perjalanan menjadi superman sudahkan saya menemukan sang Lois Lane? Dari kejauhan saya melihat sesosok “wanita dengan mata indah yang sedang berjalan di jalan yang lurus dan terang”. Saya berharap dialah sang Lois Lane itu, walau kenyataanya sampai detik ini saya tak begitu mengenalnya begitu juga dia. Sang superman muda pun kemudian berdoa “ya Tuhan jangan jodohkan dia dengan yang lain” sembari terus melihatnya dari kejauhan, karena hanya itu yang saat ini bisa dilakukanya πŸ™

Yos Beda – 6/6/2012

*update 25 juni 2012: Lois Lane semakin menjauh :(, apakah selama ini saya salah mengira dia Lois Lane? apakah wanita bermata indah itu sebenarnya Lana Lang lagi? hehe..

Berita Terkait.

68 Komentar

  1. giewahyudi
    6 Juni 2012 @ 10:02:59

    Kayaknya lagu yang pas malah lagunya β€œFive for Fighting” yang β€œSuperman” itu. Keren..

    Reply

    • Yos Beda
      6 Juni 2012 @ 10:05:04

      klo dari segi liriknya sih sepakat ma mas gie saya, tapi yang the calling ini sudah terlanjur menghipnotis saya sih mas, makanya saya pilih ini :p

      Reply

  2. jarwadi
    6 Juni 2012 @ 10:10:00

    tetep takjup dengan semangatnya membuat video dan recording ini, hahaha

    Reply

    • Yos Beda
      6 Juni 2012 @ 10:14:45

      hehehe, iya mas, kadang saya terharu ma diri saya sendiri juga :p, karena dari pertengahan tahun kemarin nyicil ngumpulin alat, satu persatu, dari mic, sound card, samapai kamera, dan akhirnya diawal 2012 bisa rekaman juga :p

      Reply

  3. applausr
    6 Juni 2012 @ 10:31:51

    saya juga suka lagu itu, punya albumnya juga…
    itu video buatan sendiri… wow keren.. selamat berkarya terus mas…

    Reply

    • Yos Beda
      6 Juni 2012 @ 10:33:31

      iya mas, buatan sendiri, kan sekalian belajar buat jadi superman hehe.. :p

      Reply

  4. WHIZ
    6 Juni 2012 @ 13:01:12

    wh ntu lagu kesukaanku lho…Keren tu performnya…
    Kayaknya bakat deh jadi penyanyi.

    Reply

    • Yos Beda
      7 Juni 2012 @ 15:51:21

      wah sama ternyata lagu favoritnya,,
      hehehe makasih mas :p

      Reply

  5. Ely Meyer
    6 Juni 2012 @ 17:55:02

    belum pernah dengar lagunya nih

    Reply

    • Yos Beda
      7 Juni 2012 @ 15:51:32

      wah,, sayang banget πŸ™

      Reply

  6. Okto
    6 Juni 2012 @ 21:39:20

    Saya juga suka film Smallville … itu tahun 2001 ya, wah ternyata waktu cepat berlalu. Sukses dengan konsep blog ini ya πŸ˜€

    Reply

    • Yos Beda
      7 Juni 2012 @ 15:51:56

      iya mas, waktu itu saya malah baru smp, waktu cepat sekali berlalu πŸ™‚

      Reply

  7. nonaedda
    7 Juni 2012 @ 00:04:22

    trus wanita hebat buat lo siapa yam? :))

    Reply

    • Yos Beda
      7 Juni 2012 @ 15:52:46

      hahahaha, malu gue bek :p , baru ketemu sekali doang soalnya, abis itu nemuin tuh wanita hebat susah amiirrr :((

      Reply

  8. Didin Supriatna
    7 Juni 2012 @ 02:31:17

    gan,, mau tanya nih.. maaf ga nyambung ma artikel,,, ni blognya pake platformnya apa ya..??

    Reply

  9. dinneno
    7 Juni 2012 @ 03:16:54

    Ini lagu kenangan saya, ada cerita di balik lagu ini *rahasia* πŸ™‚
    Memang setiap lirik demi lirik dari sebuah lagu pasti menggambarkan sesuatu, dan tak jarang sebuah lagu punya isi pesan yang sangat dalam.

    Reply

    • Yos Beda
      7 Juni 2012 @ 15:56:25

      hahaha,, punya kenangan tersendiri ma lagu ini juga ya sob :p

      Reply

  10. Gandi
    7 Juni 2012 @ 14:48:58

    Hahahaaa,,, tentang pencarian seorang istri ya?? πŸ˜€

    Reply

  11. Aryandhani
    7 Juni 2012 @ 15:24:10

    jadi belum ketemu siapa lois lane nya mas? saya salut sudah merekam ini sampe merinding denger nya. lagu the calling yg ini memang ok mas, tapi kalo saya lagu nya duran-duran yg ordinary world yg membuat saya jadi lebih mengenal hidup.. πŸ˜€

    Reply

    • Yos Beda
      7 Juni 2012 @ 15:58:21

      nah itu dia mas, setiap orang punya lagu favoritnya hingga menjadi sperti soundtrack buat hidupnya :p , yang saya inginkan jadi lois lane udah nemu sih, tapi apa dia mau saya jadikan lois lane :p

      Reply

  12. uyayan
    7 Juni 2012 @ 15:37:15

    kho doanya gak di terusin gan “jodohkanlah denganku”..

    tar kalau dengan yg lain tidak terus dg yos beda juga gak, kasian tuh c wanita yg punya mata indah itu..hehe

    Reply

    • Yos Beda
      7 Juni 2012 @ 15:59:34

      hahahaha, doa lanjutanya mau saya ucapkan jika saya ketemu dengan wnita bermata indah itu untuk kedua kalinya mas, doakan saja secepatnya bisa menemuianya :p

      Reply

  13. tiara
    7 Juni 2012 @ 15:51:33

    saya juga suka lagu itu gara-gara pacar saya yang nyanyiin itu pas dia ngisi acara kampus :mrgreen:

    Reply

    • Yos Beda
      7 Juni 2012 @ 16:01:08

      ciiieee…
      saya berharap lois lane pilihan saya juga akan senang dengan lagu ini :p

      Reply

  14. jenkna
    7 Juni 2012 @ 17:57:41

    the calling memang magis..seriously. semoga cepat dapat louis lane seperti yang diharapkan ya. louis lane versi yos lah..hehe follow balik yaa tq πŸ™‚

    Reply

    • Yos Beda
      8 Juni 2012 @ 08:56:47

      hehehe, iya kak, sayang mereka telah bubar πŸ™
      aminnn, semoga saya lekas bertemu lois lane :p

      Reply

  15. soul94rage
    7 Juni 2012 @ 18:08:25

    wow, nampak isi lagunya digali begitu dalam πŸ™‚
    di paragraf akhir saya baca keraguan. Kenapa ga maju aja langsung bro? atau ada penggalan kutipan yang YA, berlaku buat saya: “If you are looking for the love of your life, stop. they will be waiting for you when you start doing things you love.” ~ Holstee Manifesto

    Good job, though.. πŸ˜‰

    Reply

  16. Kurnia Septa
    7 Juni 2012 @ 23:16:14

    semoga kamu dapatkan wanita itu πŸ˜€

    Reply

    • Yos Beda
      8 Juni 2012 @ 08:57:00

      amin mas

      Reply

      • Red
        8 Juni 2012 @ 18:59:42

        dan wanita2 lainnya juga kegaet hehehe

        amin!

        Reply

  17. belajar komputer gratis
    7 Juni 2012 @ 23:24:13

    o…o.oooo aku suka banget tuh paragraf terakhir. berusahalah agar dia menjadi jodohmu sob, hehehe

    Reply

    • Yos Beda
      8 Juni 2012 @ 08:57:20

      iya mas, saya akan berusaha dengan keras.

      Reply

  18. fanz
    8 Juni 2012 @ 00:02:13

    heheheh
    bener, paragraf terakhir mirip banget. yah semoga tuhan menjaga wanita-wanita yang kita perhatikan dari jauh tersebut dan menjodohkannya dengan kita. *toss!*

    Reply

    • Yos Beda
      8 Juni 2012 @ 09:05:29

      amiinnnnnnnnn sob :p *tos*

      Reply

  19. ibnu ch
    8 Juni 2012 @ 03:41:40

    salam kenal mas yos…aku belum pernah denger lagunya neh. . .em videonyam,mantap. . .

    Reply

  20. si Oom!
    8 Juni 2012 @ 07:29:10

    kalo ngomong masalah soundrack of the life.
    saya pilih it’s will destroy you, lagunya bikin semangat semua πŸ™‚

    salam kenal oom πŸ™‚

    Reply

  21. anonymous
    8 Juni 2012 @ 08:32:53

    Salam kenal om. semoga kau menemukan wanita yang kau impikan. amiiin.. terus berjuang yaaa

    Reply

  22. bend
    9 Juni 2012 @ 20:15:25

    wew… cinta pertama bener ke lagu nih? πŸ˜€

    Reply

  23. pipit pito
    9 Juni 2012 @ 23:08:59

    kalo aku malah lebih tertarik dengan tokoh Lex Luthor di serial Smallville ini, terutama di season awal.. dia mampu menggambarkan “grey area” dengan sangat bagus, baik dan buruk hanya dibatasi oleh garis yang sangat tipis πŸ™‚

    Reply

    • Yos Beda
      11 Juni 2012 @ 09:30:38

      nah itulah yang membuat karakter Lex Luthor ini memiliki banyak pengemar juga,
      dan bukan perkara mudah juga bagi seorang aktor untuk bisa memerankan setengah villain + setengah hero dengan sempurna πŸ™‚

      Reply

  24. ndop
    9 Juni 2012 @ 23:41:43

    The Calling itu enak didengerin lagunya. Tapi kalau lihat vocalisnya, ternyata kerempeng tubuhnya, gak cocok kalau dia punya suara tebel, haha…

    Reply

  25. Cak Imam
    10 Juni 2012 @ 07:31:19

    Semoga cepat dapat jodohnya….ke manapun pasti akan ketemu kalau sudah jodoh

    Reply

  26. niee
    10 Juni 2012 @ 08:42:49

    waahh udah lama deh aku gak ngelihat video yg dibuat yos.. ingatnya waktu jaman jaman pertama kali ngeblog aja nyanyiin cover lagu just the way you are.. hehehe..

    semoga dapat ya yos wanitanya kelak πŸ™‚

    Reply

    • Yos Beda
      11 Juni 2012 @ 09:32:21

      hahahaha, iya niie, jus the way you are, salah satu lagu waktu awal-awal bikin cover lagu dulu, waktu peralatanya masih seadanya :p
      Alhamdulillah perlatanya sekarnag udah agak mendingan πŸ™‚

      Reply

  27. isnuansa
    10 Juni 2012 @ 11:47:45

    Video ini setidaknya bikin notifikasi emailku banyak datang dari FB. hahahaha…

    Susah Yos kalo nyari Lois Lane, wes, liane wae! πŸ˜›

    Reply

    • Yos Beda
      11 Juni 2012 @ 09:34:28

      wkwkwkww, permainan kata-kata ni, susah nyari LOIS LANE suruh nyanri LIANE :p
      sebenarnya klo boleh milih LOIS LANEnya itu udah ada mba, cuma maslahnya dia mau ngga aku pilih jadi LOIS LANE :p
      secepatnya akan saya tanyakan ke dia, mau ngga jadi LOIS LANE , semoga hasilnya baik untuk saya dan baik untuk dia,,,
      aminnnnnnnnn……….

      Reply

  28. volverhank
    10 Juni 2012 @ 14:38:56

    ah lagunya smallville yah, jadi keinget jaman jaman sd sih

    Reply

    • Yos Beda
      11 Juni 2012 @ 09:34:54

      klo saya jaman SMP mas πŸ™‚

      Reply

  29. titiw
    11 Juni 2012 @ 09:57:19

    Harusnya jangan pake icon sedih dong belakangnya biar endingnya gak sedih.. πŸ™‚

    Reply

    • Yos Beda
      11 Juni 2012 @ 10:12:51

      hahaha, itu sedih karena tak kunjung menemukan keberanian untuk menemui si Lois Lane :p

      Reply

  30. mila
    12 Juni 2012 @ 13:47:56

    Semoga cinta nya sama si “cewek bermata indah” ga jadi complicated kyk cinta segitiga superman – Lois Lane – Clark Kent πŸ˜€

    Reply

    • Yos Beda
      12 Juni 2012 @ 14:14:10

      hehe, klo itu sih segitiga semu, kan superman dan clark Kent satu orang :), benerean segitiga ketika lana lang tetap hadir pda kisah superman dewasa :p

      Reply

  31. Citro Mduro
    13 Juni 2012 @ 10:49:35

    Sangat setuju mas, siapapun menjadi super dengan batasan tertentu dan berbeda. Yang penting jangan jadikan keterbatasan untuk menghalangi karya

    lama tidak berkunjung, salam dari pamekasan madura

    Reply

  32. Dewifatma
    14 Juni 2012 @ 14:47:27

    β€œya Tuhan jangan jodohkan dia dengan yang lain”
    Aku suka doa yang itu, dulu itu juga adalah doaku, tapi Tuhan tetap menjodohkan dia dengan yang lain sesuai rencana-Nya semula dan menjodohkan aku dengan yang lain pula… πŸ™‚

    Tapi hidup tetap berjalan dengan indah…

    Reply

  33. pututik
    17 Juni 2012 @ 19:38:46

    itulah sebabnya banyak pepatah mengatakan hidup adalah perjuangan, itu berlaku bagi siapapun dalam kondisi apapun

    Reply

  34. arif
    24 Juni 2012 @ 19:30:49

    ya klo merasa jauh, usaha terus mas utk mendekati louis lane :D. btw, jadi ngingetin lagu the calling itu, beberapa kali pernah membawakan lagu itu, utk ultah teman sma dulu, sama untuk pentas seni mahasiswa baru jaman dulu

    Reply

  35. ilham
    12 Agustus 2012 @ 19:43:13

    lagu itu juga mjd spirit bg saya. Tetapi ketika saya ingin mendengarnya lg, lagu itu hilang. Tlg link nya ya kalo ada, biar bs downld. Thanks before

    Reply

  36. gadgetboi
    7 September 2012 @ 03:17:42

    saya suka lagu itu bahkan ketika orang-orang belum tahu band the calling πŸ˜€ …
    pertama saya tahu di film cayotte ugly … baru ngetop-ngetopnya ni lagu tahun 2002 kalau engga salah….

    Reply

  37. Andita
    12 Desember 2012 @ 19:17:03

    liriknya perasaan lebih ke suatu kenangan. hehehe saya baru2 ini tau lagu the calling langsung ngefans berat apalgi sm lg wherever you will go. Nice posting πŸ™‚

    Reply

  38. safrudin
    22 Juni 2013 @ 12:13:58

    Good job sob.. W jua stuju sm lu, coz w jua suka bangt sm filmnya pada masa itu.

    Reply

  39. Fajar
    1 Januari 2014 @ 16:35:12

    Lagu ini kalo ga salah pernah di cover ariel (NOAH) dg suara yg lebih ngeROCK. & kebetulan setiap karaoke bareng teman2, lagu ini pasti ane nyanyiin mas gan πŸ˜€

    Reply

Tinggalkan Balasan