Mencoba Menjadi Superman Dengan Segala Keterbatasan

Oleh: - 6 Juni 2012  |

Instagram

Yos Take Vocal10 tahun silam ketika saya masih duduk di bangku SMP, untuk pertama kalinya saya benar-benar jatuh cinta, jatuh cinta pada sebuah lagu. Sampai sekarang pun saya menjadikan lagu tersebut sebagai soundtrack hidup saya. Lagu tersebut adalah Wherever You Will Go, karya fenomenal dari band The Calling , sayangnya band tersebut telah bubar tahun 2004 silam, tak masalah sang mpunya lagu telah tercerai berai, karena lagu ini masih memberikan warna tersendiri dalam hidup saya.

Lagu cantik ini pertama kali saya dengar ketika menjadi themesong serial TV Smallville session pertama, sebuah serial TV yang ditanyangkan SCTV medio 2001-2002 yang berkisah tentang petualangan Clark Kent, sang superman muda di sebuah kota kecil fiktif di kansas Amerika Serikat. Menarik mengikuti petualangan seru seorang superman ketika masih muda dimana kita semua tentu tahu bahwa masa muda adalah masa pembentukan karakter seorang manusia, tak terkecuali manusia super.

Lagu yang ditulis oleh Alex Band, vokalis dari band The Calling ini memberikan sugesti tersendiri buat saya, setiap mendengar lagu ini seperti ada yang berbisik ditelinga kanan dan kiri saya dan bilang “kamu juga bisa jadi manusia super seperti Clark Kent jika kamu berusaha”. Sebuah bisikan yang sedikit masuk akal buat saya jika difinisi superman bukanlah orang yang bisa terbang, bermata laser dengan kulit sekuat baja melainkan seorang anak manusia yang tumbuh dikota kecil dengan segala keterbatasanya kemudian menjadi orang yang berguna bagi sesama ketika besar nanti.

Baca juga:

Pada dasaranya setiap manusia mempunyai kababilitas untuk menjadi seorang manusia super, dengan parameter “super” yang berbeda-beda. Saya sendiri lebih cenderung menyederhanakan difinisi “super” tersebut dengan kalimat “keterbatasan bukanlah penghalang”. Saya bersyukur lahir ke dunia dengan kondisi normal tanpa kurang satu apapun walau pada perjalanan nanti ada berbagai keterbatasan yang mewarnai hidup saya, dan menjadikan saya biasa dengan keterbatasan-keterbatasan tersebut.

Seorang anak yang tumbuh di kota kecil, tak ada yang menonjol dari nilai akedemiknya sejak SD sampai SMA, tidak pula dia lulusan kampus yang megah dan mewah. Ketika pendidikan adalah bekal utama menjadi orang besar apa yang akan dilakukanya bila bekal itu dirasa tak begitu kuat. Ya itulah saya yang sejak 2 tahun lalu sedikit demi sedikit mencoba memberi nilai lebih pada diri saya, dengan mencoba mempelajari banyak hal, karena sadar tak akan cukup jika hanya mengandalkan selembar ijazah. Saya punya keyakinan apa saja yang saya pelajari belakangan ini akan membantu saya menjadi orang besar atau manusia super di kemudian hari.

Selalu ada wanita-wanita hebat dibelakang orang-orang besar, lihat saja Habiie punya ainun habibie, Adolf Hitler punya Eva Braun, Peter Parker punya Mary Jane dan Superman pun punya Lois Lane. Sebelumnya mungkin ada yang bertanya kenapa loise lane? bukankah di serial smallville itu kisah romansa Clark kent lebih kepada Lana Nang? Iya sih si Lana Lang cinta pertama Clark Kent tapi apalah artinya dia jika tak bisa bersama kent selamanya? Semua orang pun tahu cinta sejati superman adalah Lois Lane.

Sebagai orang yang dalam perjalanan menjadi superman sudahkan saya menemukan sang Lois Lane? Dari kejauhan saya melihat sesosok “wanita dengan mata indah yang sedang berjalan di jalan yang lurus dan terang”. Saya berharap dialah sang Lois Lane itu, walau kenyataanya sampai detik ini saya tak begitu mengenalnya begitu juga dia. Sang superman muda pun kemudian berdoa “ya Tuhan jangan jodohkan dia dengan yang lain” sembari terus melihatnya dari kejauhan, karena hanya itu yang saat ini bisa dilakukanya 🙁

Yos Beda – 6/6/2012

*update 25 juni 2012: Lois Lane semakin menjauh :(, apakah selama ini saya salah mengira dia Lois Lane? apakah wanita bermata indah itu sebenarnya Lana Lang lagi? hehe..

Berita Terkait.

68 Komentar

  1. giewahyudi
    6 Juni 2012 @ 10:02:59

    Kayaknya lagu yang pas malah lagunya “Five for Fighting” yang “Superman” itu. Keren..

    Reply

    • Yos Beda
      6 Juni 2012 @ 10:05:04

      klo dari segi liriknya sih sepakat ma mas gie saya, tapi yang the calling ini sudah terlanjur menghipnotis saya sih mas, makanya saya pilih ini :p

      Reply

  2. jarwadi
    6 Juni 2012 @ 10:10:00

    tetep takjup dengan semangatnya membuat video dan recording ini, hahaha

    Reply

    • Yos Beda
      6 Juni 2012 @ 10:14:45

      hehehe, iya mas, kadang saya terharu ma diri saya sendiri juga :p, karena dari pertengahan tahun kemarin nyicil ngumpulin alat, satu persatu, dari mic, sound card, samapai kamera, dan akhirnya diawal 2012 bisa rekaman juga :p

      Reply

  3. applausr
    6 Juni 2012 @ 10:31:51

    saya juga suka lagu itu, punya albumnya juga…
    itu video buatan sendiri… wow keren.. selamat berkarya terus mas…

    Reply

    • Yos Beda
      6 Juni 2012 @ 10:33:31

      iya mas, buatan sendiri, kan sekalian belajar buat jadi superman hehe.. :p

      Reply

  4. WHIZ
    6 Juni 2012 @ 13:01:12

    wh ntu lagu kesukaanku lho…Keren tu performnya…
    Kayaknya bakat deh jadi penyanyi.

    Reply

    • Yos Beda
      7 Juni 2012 @ 15:51:21

      wah sama ternyata lagu favoritnya,,
      hehehe makasih mas :p

      Reply

  5. Ely Meyer
    6 Juni 2012 @ 17:55:02

    belum pernah dengar lagunya nih

    Reply

  6. Okto
    6 Juni 2012 @ 21:39:20

    Saya juga suka film Smallville … itu tahun 2001 ya, wah ternyata waktu cepat berlalu. Sukses dengan konsep blog ini ya 😀

    Reply

    • Yos Beda
      7 Juni 2012 @ 15:51:56

      iya mas, waktu itu saya malah baru smp, waktu cepat sekali berlalu 🙂

      Reply

  7. nonaedda
    7 Juni 2012 @ 00:04:22

    trus wanita hebat buat lo siapa yam? :))

    Reply

    • Yos Beda
      7 Juni 2012 @ 15:52:46

      hahahaha, malu gue bek :p , baru ketemu sekali doang soalnya, abis itu nemuin tuh wanita hebat susah amiirrr :((

      Reply

  8. Didin Supriatna
    7 Juni 2012 @ 02:31:17

    gan,, mau tanya nih.. maaf ga nyambung ma artikel,,, ni blognya pake platformnya apa ya..??

    Reply

  9. dinneno
    7 Juni 2012 @ 03:16:54

    Ini lagu kenangan saya, ada cerita di balik lagu ini *rahasia* 🙂
    Memang setiap lirik demi lirik dari sebuah lagu pasti menggambarkan sesuatu, dan tak jarang sebuah lagu punya isi pesan yang sangat dalam.

    Reply

    • Yos Beda
      7 Juni 2012 @ 15:56:25

      hahaha,, punya kenangan tersendiri ma lagu ini juga ya sob :p

      Reply

  10. Gandi
    7 Juni 2012 @ 14:48:58

    Hahahaaa,,, tentang pencarian seorang istri ya?? 😀

    Reply

Tinggalkan Balasan