Terhanyut Dalam Lagu ‘Apa Yang Kan Kau Buat’ Adon Base Jam

Oleh: - 10 Juli 2013  |

Instagram

Adon Base Jam Restoration
Adon Base Jam (benih.com)

Sudah menjadi kebiasaan yang tidak dapat saya tinggalkan ketika bekerja harus ditemani oleh lantunan nada-nada indah dari sebuah lagu. Untuk saya pribadi, sebuah lagu mempunyai kekuatan tersembunyi untuk bisa mempengaruhi mood (psikis) bahkan fisik kita. Seperti lagu yang baru saja dapati tadi siang, yang berhasil membuat saya terhanyut, yaitu lagunya Adon Saptowo yang berjudul Apa Yang Kau Buat. Sebenarnya lagu ini termasuk lagu rohani umat kristiani. Sebagai muslim, saya tak malu untuk mengakui bahwa lagu ini benar-benar bagus.

Cerita berawal ketika tadi siang saya memutar playlist lagu-lagu lawas dari band T-Five. Mendengar beberapa lagu T-Five terutama suara mlengking vokal sopran Paul Arnold sang vokalis T-Five, mendadak membuat saya teringat dengan vokalis tanah air yang mempunyai warna suara sejenis, yaitu Adon sang vokalis band Base Jam. Saya pun langsung mencoba mencari kabar penyanyi kelahiran 17 Maret 1973 itu via “simbah Google”. Saya kemudian dituntun simbah ke link video di Channel Youtube Adon, kemudian saya mendapati dan mendengarkan lagu di playlist teratas Channel tersebut.

Mata dan telinga saya pun tertuju penuh ke video clip dengan judul Apa Yang kau Buat Ini. Agak kaget saja mendengar suara Adon yang menurut telinga saya siang tadi agak sedikit berbeda dari suara Adon yang pernah saya dengar terdahulu. Ketika lagu ini memasuki bagian reff-nya, tanpa sadar saya terhanyut dan mata-saya berkaca-kaca hampir menitihkan air mata. Suatu hal yang luar biasa mengingat saya baru pertama kali mendengarnya dan saya juga tak begitu konsentrai terhadap liriknya. Melodi nadanya sungguh mengharukan, seperti bisa berbicara tanpa syair.

Baca juga:

Kelar saya mendengarkan lagu ini, saya baru menyadari bahwa lagu ini ternyata adalah lagu rohani umat Kristiani, yaa.. saya sebagai seorang muslim jujur kagum pada kemampuan kawan-kawan dari umat kristiani dalam menciptakan sebuah karya musik/lagu. Sungguh bisa membawa saya merasuk ke dalam lagu tersebut, setidaknya hal ini bisa menjelaskan keyakinan saya bahwa sebuah melodi atau notasi nada tertentu bisa mempengaruhi alam bawah sadar pendengarnya, dikombinasikan dengan syair penuh cinta kasih serta visualisasi video clip yang pas bisa menghasilkan karya yang sanggup menghipnotis.

Sebenarnya ini bukan kali pertama saya begitu menikmati lagu rohani dari kawan-kawan kristiani. Sebelumnya pada akhir tahun lalu saya juga mendadak begitu suka dengan lagu lawas Amazing Grace, hingga saya mendownload banyak sekali versi dari lagu ini dan begitu kecanduan dengan Amazing Grace versi Chris Tomlin. Tadi siang kedua kalinya saya jatuh cinta dengan sebuah lagu rohani Kristiani. Seperti saya bilang di paragraf sebelumnya, yang membuat lagu ini menarik di mata saya karena melodi di reff-nya yang bisa menghanyutkan saya, pinter nih yang nyiptain.

Cukup menarik juga ketika saya terhanyut mendengarkan lagu berjudul Apa Yang kau Buat ini, saya sedang menjalankan ibadah Puasa Ramadan 1434 H, ibadah wajib bagi setiap muslim yang baligh (dewasa), berakal, dalam keadaan sehat, dan dalam keadaan mukim (tidak melakukan safar/perjalanan jauh). Sungguh indah ketika karya dari saudara sebangsa yang kebetulan berbeda keyakinan dengan saya ini bisa membuat saya nyaman. Saya juga berharap soudara-saudara muslim saya bisa membuat saudara sebangsanya yang beda keyakinan merasa nyaman juga.

Sependek yang saya ketahui dari kepercayaan saya, Agama Islam juga mengajarkan untuk mengasihi dan menyayangi sesamanya. Banyak pula saya temui saudara-saudara muslim saya yang begitu dipenuhi dengan cinta kasih juga dalam hatinya. Semoga mereka saudara-saudara muslim saya yang saat ini mungkin hatinya masih ada secuil kebencian terhadap sesama manusia bisa segera menjadi pribadi tanpa kebencian sebagaimana yang Sang Nabi cita-citakan. Terakhir, semoga saya segera bisa juga mendapati seniman-seniman muslim hadir dengan karya-karya yang bisa menghanyutkan saya, hehe..

Yos Beda – 10/7/2013

Berita Terkait.

31 Komentar

  1. @Luckay27
    27 November 2013 @ 13:40:40

    MANTABB.. 🙂

    Reply

Tinggalkan Balasan